My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Panglima TNI dan Tiga Kastaf Hadiri Latihan Tri Matra IV

02 Desember
02:56 2010
Panglima TNI dan Tiga Kastaf Hadiri Latihan Tri Matra IV

Denjaka beraksi di atas kapal

Merak – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Laksamana TNI Agus Suhartono menghadiri dan menyaksikan latihan Penanggulangan Teror (Gultor) di perairan Selat Sunda dan laut Merak.

“Selain Panglima TNI, juga hadir tiga Kepala Staf TNI AD, AL dan AU,” kata Kasi Intel Grup I Kopassus Serang, Kapten Benny, Sabtu (18/12) dini hari.

Benny menjelaskan latihan Gultor Trimatra TNI AD, TNI AL dan TNI AU diselenggarakan pada pukul 04:00 WIB nanti, dengan dilakukan ratusan personil dari tiga kesatuan di TNI.

“Latihan ini diselenggarakan sebagai implementasi strategi untuk menghadapi kemungkinan terjadinya serangan teror yang mengganggu stabilitas keamanan wilayah yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Latihan penanggulangan teror (gultor) ini bertujuan, untuk melatih ketrampilan unsur pimpinan dan pembantu pimpinan yang tergabung dalam Satgas Pasukan Khusus TNI melalui Tactical Floor Game (TFG), Table Top Game (TTG) dan Tactical Air Manouver Game (TAMG) pada operasi penanggulangan teror melalui proses pengambilan keputusan untuk merumuskan konsep rencana operasi.

“Latihan ini dilakukan juga dalam rangka pembinaan latihan, sehingga memiliki kemampuan memberantas terorisme yang bisa dibanggakan oleh Bangsa dan Negara,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Beny, sebagai landasan hukum pemberantasan terorisme, TNI mengacu pada Undang-Undang RI nomor 34 tahun 2004, pasal 7 yaitu salah satu tugas TNI yang tertuang dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu mengatasi aksi terorisme.

“TNI memandang perlu adanya keterpaduan semua instansi terkait sesuai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, sehingga upaya strategis mengatasi aksi teror di Indonesia dapat dilaksanakan secara integratif dan berkelanjutan,” katanya.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS