My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pangarmatim: Operasi Pengawasan Laut Terhambat Keterbatasan BBM (1)

 Breaking News
16 Desember
23:47 2014
Pangarmatim: Operasi Pengawasan Laut Terhambat Keterbatasan BBM (1)

Ambon – Panglima Armada Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Arie Henrycus Sembiring mengakui pihaknya mengalami kesulitan untuk melakukan operasi pengamanan teritorial laut di kawasan Indonesia Timur secara optimal karena diperhadapkan keterbatasan bahan bakar minyak (BBM).

“Operasi pengamanan wilayah laut tidak dapat dilakukan optimal karena tidak tersedia alokasi BBM yang dibutuhkan bagi kapal-kapal patroli yang melakukan tugas pengamanan,” kata Pangarmatim Arie Henrycus Sembiring, di Ambon, Selasa.

Menurutnya, jajaran Armatim memiliki enam unit kapal patroli jenis fregat seperti KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 untuk bertugas melakukan patroli pengamanan wilayah perairan di kawasan timur, termasuk kawasan perbatasan, tetapi tidak bisa dilakukan kontinyu karena keterbatasan bahan bakar yang dialokasikan.

Tercatat hanya dua unit KRI yang dikerahkan untuk melakukan patroli dikarenakan keterbatasan BBM yang dibutuhkan.

Satu diantaranya melakukan patroli untuk mengawasi wilayah perbatasan antar negara, sedangkan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 melakukan petroli untuk mengawasi kawasan perairan lainnya, terutama dari aktivitas penangkapan ikan yang dilakukan kapal-kapal baik berbendera Indonesia maupun asing.

Sedangkan empat KRI lainnya hanya disiagakan di pangkalan dan sewaktu-waktu dapat dikerahkan jika dibutuhkan untuk membantu patroli dan pengawasan.

“Sehari dibutuhkan 35 hingga 40 ton bahan bakar untuk kebutuhan kapal yang melakukan tugas patroli. Masalah kekurangan BBM ini telah disampaikan kepada pimpinan TNI Angkatan Laut untuk dibicarakan dengan pemerintah,” katanya.

Menurut dia jika partoli pengamanan laut perlu ditingkatkan, terutama di wilayah timur yang tergolong luas dan rawan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal dalam jumlah besar, maka pemerintah perlu mempertimbangkan tambahan alokasi anggaran pembelian BBM untuk operasional kapal patroli.(Ant)

 

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS