My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Pakar Biologi Temukan Belut Dari Masa Mesozoikum

17 Agustus
10:46 2011
Pakar Biologi Temukan Belut Dari Masa Mesozoikum

protoanguilla palau

Paris – Satu spesies baru belut telah ditemukan di kegelapan sebuah gua bawah laut dan yang mengagumkan “fosil hidup” ini  sama dengan belut yang menghuni Bumi 200 juta tahun lalu, kata para ahli biologi seperti dikutip AFP, Rabu.

Penemuan aneh ini terjadi tahun lalu di gua bawah laut berkedalaman 35 meter di Palau, negeri pulau di Pasifik Barat.

Dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B, para pakar menyebutkan bahwa belut purba itu hanya memiliki sedikit kemiripan anatomis dengan belut modern yang memiliki 819 spesies dan 19 ordo.

Sebaliknya, belut aneh aneh lebih banyak punya kemiripan dengan belut-belut purba yang hidup di era Mezozoikum manakala dinosaurus merajai Bumi.

Kemiripan-kemiripan itu diantaranya kepala besar, tubuh yang lebih pendek, bukaan seperti kerah pada insang, sinar pada sirip ekor, dan rahang yang disebut premaxilla.

Yang menemukan belut purba itu adala tim ilmuwan  pimpinan Masaki Miya dari Museum Sejarah Alam dan Institut Chiba, Jepang.

Sejauh ini baru Palau menjadi tempat di mana belut purba itu ditemukan, namun dipercaya bahwa belut purba itu ada di wilayah lain.

Istilah “fosil hidup” dipopulerkan oleh biolog terkenal Charles Darwin dalam bukunya On the Origin of Species.

Istilah ini digunakan kepada spesies-spesies makhluk hidup yang bertahan hidup selama jutaan tahun tanpa berevolusi. (Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS