My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Nyanyikan Indonesia Raya Dalam Hati

17 Agustus
16:14 2008
Nyanyikan Indonesia Raya Dalam Hati

arus kencang membuat proses pengibaran bendera Merah Putih sedikit tergangguGentry Amalo – indosmarin.com

Sanur – Untuk pertamakalinya enam penyandang cacat memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan cara mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut Pantai Sanur, Bali, Minggu (17/8). Keenam penyandang cacat dari sejumlah daerah di Bali ini melakukan aksinya dengan terlebih dahulu menyelam sedalam sekitar lima meter dari permukaan laut.

Saat tiba di dasar laut, empat dari enam penyandang cacat ini kemudian membentangkan bendera, memberi hormat dan menyanyikan lagu Indonesia raya, walau hanya dilakukan di dalam hati. Aksi ini sekaligus untuk membuktikan bahwa cacat fisik bukanlah halangan untuk berkarya, termasuk dalam peringatan HUT ke-63 Kemerdekaan RI.

“Saya senang sekali bisa merayakan kemerdekaan seperti ini. Saya yakin dibalik kekurangan, Tuhan telah memberikan kelebihan,” ujar Aris, salah seorang penyandang cacat polio yang bernaung dibawah asuhan Yayasan Senang Hati, Tampaksiring, Kab. Gianyar. “Arus di perairan sini terasa kuat sekali. Kondisi angin dan ombaknya juga berbeda dengan di kolam tempat kami berlatih,” kata Aris.

Dalam aksinya ini, Aris dan kawan-kawan tetap didampingi sedikitnya duapuluh empat penyelam profesional yang tergabung dalam Kelompok Jurnalis Laut dan didukung Gabungan Pengusaha Wisata Bahari (Gahawisri) Bali.

Sementara, Sekretaris Eksekutif Gahawisri Bali I Ketut Tresna, mengatakan bahwa dengan kegiatan pengibaran bendera di bawah laut ini, diharapkan dapat memancing kedatangan para penyandang cacat untuk berkunjung ke Bali. Menurut Tresna, selain wisata budaya, Bali juga memiliki potensi wisata bahari yang cukup besar(*)

foto by Jaka Umbara – BIDP

1 Komentar

  1. vico
    vico Agustus 19, 15:45

    mestinya jangan disebut penyandang cacat.pakai istilah yg lebih halus……

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS