My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Nusa Penida Habitat Mola mola (?)

24 Mei
01:43 2008
Nusa Penida Habitat Mola mola (?)

Gentry Amalo-Indosmarin.com

Mola mola Nusa PenidaSanur – Keberadaan Mola mola di Indonesia masih menjadi pertanyaan sejumlah peminat Mola mola. Kemisteriusan habitat Mola mola menjadi salah satunya. Semula di kalangan penyelam profesional di Bali sempat beredar pendapat, bahwa Mola mola di Nusa Penida ini satu-satunya Mola mola yang bisa ditemui di kawasan Asia – Pasifik. Entah siapa yang memulai mengembuskan pendapat ini, yang jelas sejak kemunculan Mola mola lima tahun silam membuat banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang penasaran dan kemudian berbondong-bondong datang ke Bali.

Secara ekonomis, fenomena kemunculan Mola mola cukup menghibur para pelaku pariwisata di Bali. Setidaknya Mola mola telah membantu keberlangsungan hidup bisnis wisata tirta, yang nyaris terpuruk pasca Bom Bali 2002 dan Bom Bali 2005 lalu. Sejak lima tahun silam periode Juni – September seolah menjadi bulan membawa berkat bagi para dive operator yang menjual jasa penyelaman di Crystal Bay, Nusa Penida, Bali.

Kendati periode Juni hingga September Mola mola kerap muncul di perairan Crystal Bay Nusa Penida. Namun masih banyak pertanyaan muncul dibenak para penyelam profesional, untuk mengetahui lebih banyak tentang kehidupan Mola mola Nusa Penida ini. Sementara di sisi lain, hingga saat ini belum ada penelitian khusus tentang Mola mola yang dilakukan para ahli biologi kelautan Indonesia.

Periode Juni hingga September belum menjadi patokan tetap. Karena pada pertengahan Mei 2008 ini, beberapa penyelam profesional yang sedang menyelam di Crystal Bay Nusa Penida melaporkan telah melihat kemunculan Mola mola.

Sebelumnya para penyelam profesional yang kerap mengantar para wisatawan untuk melihat Mola mola, menduga ikan raksasa ini hanya melakukan transit di perairan Crystal Bay sambil membersihkan parasit pada tubuhnya.

Tetapi jika pada Mei ini Mola mola sudah menampakkan diri di perairan ini, ada kemungkinan Mola mola sebenarnya juga muncul sepanjang tahun. Jika ini benar adanya, maka ada kemungkinan lainnya, yakni Mola mola memang menjadikan perairan Crystal Bay sebagai habitat mereka untuk hidup dan berkembang biak dan bukan hanya sekedar transit dari atau ke tempat lain.

Nah, daripada penasaran ngga’ jelas, jika diantara anda ada yang tertarik untuk melakukan penelitian mendalam tentang Mola mola Nusa Penida, bisa saja menghubungi beberapa dive operator yang di Sanur Bali, untuk mengantar anda menikmati keindahan bawah laut Crystal Bay dan sekaligus menyapa Mola mola Nusa Penida(*)

foto: Mola mola Nusa Penida by BIDP

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS