My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

NTB Ekspor Rumput Laut ke Vietnam

 Breaking News
17 Desember
20:15 2014
NTB Ekspor Rumput Laut ke Vietnam

Mataram – Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi meresmikan pengiriman 54 ton rumput laut jenis Cottoni ke Vietnam untuk dijadikan bahan baku produk pangan olahan dan kosmetik.

Pelepasan tiga unit truk pengangkut rumput laut tersebut dirangkai dengan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yang digelar di bekas Bandara Selaparang, Kota Mataram, Rabu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) NTB Aminollah yang mendampingi Gubernur NTB mengatakan rumput laut yang diekspor ke Vietnam tersebut milik PT Bintang Jaya yang menyerap produksi petani di Pulau Sumbawa.

“Perusahaan itu sudah sering mengirim, tapi secara formal belum dilihat oleh gubernur. Untuk itu, kami minta pada acara HUT NTB ada legal formal untuk menunjukkan bahwa NTB punya komoditas ekspor,” katanya.

PT Bintang Jaya, kata dia, rata-rata mengirim sebanyak 200 ton rumput laut jenis Cottoni ke Vietnam, namun tidak setiap bulan karena tergantung volume serapan dari petani.

Perusahaan tersebut masih kesulitan mendapatkan komoditas hasil laut tersebut untuk memenuhi permintaan pasar ekspor, terutama dari hasil produksi petani di Pulau Lombok.

Menurut Aminollah, para petani rumput laut di Pulau Lombok, masih terpaku pada pedagang pengumpul, sehingga belum bisa menjadi mitra PT Bintang Jaya.

“Peluang ekspor rumput laut masih cukup besar, namun NTB belum bisa memenuhinya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, target produksi rumput laut pada 2014 sebanyak 760 ribu ton, namun hingga triwulan IV/2014 baru tercapai 760 ribu ton.

Belum tercapainya target produksi, menurut Aminollah, disebabkan beberapa faktor, salah satunya adanya petani atau nelayan yang beralih profesi dari petani rumput laut menjadi pembudi daya lobster.

Meskipun demikian, produksi rumput laut pada 2014 lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 756.355 ton.

“Produksi rumput laut dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan dan kami terus berupaya untuk meningkatkan lagi angka produksi guna memenuhi peluang pasar ekspor,” ucap Aminollah.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *