My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Nikmatnya Bakso Blue Marlin

10 Juli
04:55 2011
Nikmatnya Bakso Blue Marlin

Ikan Blue Marlin (ilustrasi)

Liwa – Sejumlah wisatawan asing menyukai bakso ikan blue marlin, membuat makanan ini menjadi menu wajib bagi turis saat berkunjung di pesisir Lampung Barat.

“Setiap hari puluhan turis asing berkunjung untuk mencoba bakso ikan blue marlin, mereka menyukai makanan ini selain enak, bakso ikan blue marlin juga berkhasiat,” kata pedagang bakso di Kecamatan Pesisir Tengah, Lampung Barat, Bahrudin (38) sekitar 320 Km dari Bandarlampung, di Krui Minggu (10/7).

Bahrudin menjelaskan, bakso ikan blue marlin menjadi makan khas pesisir Lampung Barat.

Menurutnya, kelezatan bakso ikan blue merlin membuat wisatawn asing itu ketagihan.

“Setiap kali turis asing itu berkunjung di Lampung Barat, makanan yang paling mereka cari yakni bakso ikan, sehingga saat meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asing di Lampung Barat, saya harus menyiapkan stok lebih bakso ikan guna mencukupi permintaan,” kata dia.

Kemudian lanjut dia, bakso ikan blue marlin menjadi pilihan wisata kuliner bagi wisatawan asing dan domestik.

Bakso ikan blue marlin menjadi salah satu makanan khas pesisir Lampung Barat, Provinsi Lampung, dan menjadi ikon daerah tujuan wisata kuliner khas pesisir.

Berlimpahnya potensi ikan blue marlin di perairan Lampung Barat, membuat pengusaha makanan tidak mengalami kesulitan mencari bahan baku utama bakso tersebut.

Bakso ikan blue marlin terbuat dari tempung dan daging ikan blue marlin yang ditamnbah dengan bumbu delapan tradisiona membuat rasa bakso ikan tersebut berbeda.

Harga bakso ikan blue marlin bekisar Rp7 ribu per porsi, rata-rata pedagang mampu menjual sekitar 50 mangkok bakso ikan blue marlin, jumlah tersebut akan meningkat bila kunjungan turis asing meningkat pula.

Harga daging ikan blue marlin mencapai Rp35 hingga Rp40 ribu per Kilogram, sebagian besar daging ikan blue merlin Lampung Barat didistribusikan di sejumlah wilayah diantaranya Bandarlampung, Bengkulu, dan Jakarta.

Di Kabupaten Lampung Barat, ikan blue marlin telah menjadi maskot daerah. Bahkan, patung ikan tersebut dapat kita temui di Krui.

Salah seorang turis bearsal dari Negara Belanda, Jipshon (32) mengatakan, rasa bakso ikan blue merlin sangat lezat.

“Setiap kali saya berkunjung di Lampung Barat, belum lengkap tanpa makan bakso ikan blue marlin, sebab makanan ini menu wajib saat berkunjung di Lampung Barat,” kata dia.

Wisatawan itu menuturkan, hampir setiap hari para turis mengkosumsi bakso ikan blue marlin sebagai menu makan siang.

“Makanan yang terbuat dari ikan blue marlin terlanjur melekat di lidah turis, sehingga saat berkunjung ke Lampung Barat menu utama yang dicari yakni bakso ikan blue marlin, dan berharap makanan ini akan terus ada di Lampung Barat, dan menjadi makanan favorit wisatawan asing,” katanya.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *