My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Nelayan Sumbar Dimbau Waspadai Gelombang Tinggi

18 September
06:46 2011

BMKG

Padang – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat mengingatkan nelayan tradisional di pesisir pantai bagian barat Kepulauan Mentawai agar mewaspadai potensi gelombang tiga meter sepanjang akhir pekan.

Stasiun BMKG Ketaping, Sabtu (17/9), melaporkan, diprediksi ketinggian gelombang tiga meter dapat terjadi di perairan pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sepanjang Minggu mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Potensi gelombang tersebut patut diwapadai kalangan nelayan tradisonal, terutama yang beraktivitas menggunakan perahu longtail atau mesin tempel.

Apalagi saat menjelang turun hujan karena datang angin yang dapat memicu gelombang laut. Kapal penumpang Padang-Mentawai juga diminta agar berhati-hati saat berlayar.

Sedangkan potensi gelombang di perairan pesisir pantai barat Sumatera Barat berkisar antara 1,5 hingga 2,5 meter pada waktu yang sama.

Menurut BMKG, potensi gelombang 2,5 meter patut diwaspadai nelayan yang beraktivitas di perairan pantai Sumbar.

Cuaca untuk wilayah pesisir pantai barat Sumbar umumnya cerah berawan serta berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada sore dan malam hari.

Angin bertiup dari Barat Daya hingga Barat dengan kecepatan 09-34 kilometer per jam.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS