My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Nelayan Sulawesi Barat Berharap BBM Tidak Naik

20 Maret
01:06 2012

Kapal Nelayan (ilustrasi)

Mamuju – Komunitas nelayan tradisional di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, berharap harga Bahan Bakar Minyak tidak naik karena dampaknya akan semakin membebani masyarakat kecil.

“Kebijakan menaikkan BBM akan berdampak pada buruknya ekonomi masyarakat kecil termasuk nelayan yang setiap harinya mengandalkan BBM untuk melaut,” kata Ridwan, salah seorang nelayan di Mamuju, Senin (19/3).

Menurut Ridwan dalam kondisi BBM stabil saja para nelayan masih menanggung beban biaya yang tinggi. Apalagi, jika harga BBM benar-benar dinaikkan tentu akan berimplikasi terhadap pendapatan masyarakat.

Ia mengatakan, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai bentuk subsidi dari kenaikan BBM juga dianggap tidak efektif.

“Program BLT yang sempat dilaksanakan pemerintah juga menimbulkan kontroversi di masyarakat karena banyak warga yang mampu juga mengantongi kartu BLT,” tutur dia.

Menyikapi rencana naiknya, BBM pada April 2012, anggota DPRD Mamuju, Hajrul Malik, dengan tegas menolak rencana tersebut.

“Sikap partai kami sangat jelas. Teman-teman yang ada di DPR RI juga menolak kebijakan menaikkan harga BBM,” kata politisi senior Partai Keadilan Sejahtera, Hajrul Malik.

Menurutnya, kebijakan pemerintah menaikkan BBM belum tepat karena dampaknya akan memicu meroketnya kebutuhan pokok di pasaran.

“Jika ini terjadi tentu masyarakat kecil yang paling merasakannya. Jadi, kami tolak kebijakan menaikkan BBM,” pungkas Hajrul. (Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS