My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Nelayan Lasem Temukan Lumba-lumba Terdampar

13 Juli
09:36 2011

Lumba-lumba di Teluk Kiluan, (ilustrasi)

Rembang – Seekor lumba-lumba dengan berat lebih dari dua kwintal di temukan terdampar di tepian Pantai Dasun, Desa Tasiksono, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

“Kami menemukan ikan lumba-lumba yang sekarang sudah mati ini lima hari yang lalu (8/7). Saat kami temukan, ikan tersebut terdampar kandas di tepi pantai. Kami sekeluarga sebenarnya sudah berupaya mengevakuasi ikan tersebut sedikit ke tengah, namun upaya itu tak berhasil karena diduga ikan sudah kehabisan nafas,” kata Shodiq nelayan yang pertama kali menemukan lumba-lumba itu, Rabu (13/5).

Bangkai lumba-lumba tersebut kini terserak di tepi Pantai Dasun Desa Tasiksono. Sejumlah warga yang juga baru mengetahui penemuan itu, segera berbondong-bondong ke lokasi pantai.

“Kebanyakan nelayan menganggap lumba-lumba sebagai ikan penolong, sehingga kami tidak berani berbuat apa-apa atas lumba-lumba tersebut. Sudah diupayakan dibawa ke tengah, namun lumba-lumba tersebut akhirnya justru mati,” kata Shodiq.

Menurut Shodiq, ia juga tidak segera mengabarkan penemuannya itu, karena ia yakin warga akan segera mengetahui dengan sendirinya.

Memang tak banyak warga yang mengetahui penemuan Shodiq itu, sebab keluarganya bermukim pada rumah yang cukup jauh dari permukiman padat penduduk.

“Warga belum berencana menguburkan bangkai ikan lumba-lumba ini,” katanya seraya menambahkan pada belasan tahun lalu, di kawasan pantai tersebut juga pernah ditemukan lumba-lumba terdampar.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS