My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

US Navy Pecat 64 Anggotanya Karena Gunakan Narkoba “Spice”

21 Oktober
20:20 2011
US Navy Pecat 64 Anggotanya Karena Gunakan Narkoba “Spice”

USS Carl Vinson CVN-70

San Diego – Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) mengumumkan telah memberhentikan dengan tidak hormat 64 personel aktifnya, karena terbukti menggunakan dan mengedarkan narkotika sintetis jenis “Spice”.

Sebanyak 49 diantaranya adalah awak kapal USS Carl Vinson CVN-70, kapal induk yang menguburkan Osama bin Laden di laut Arab beberapa waktu lalu.

“Sebagian besar pelaut bertugas di kapal induk USS Carl Vinson, kapal selam bertenaga nuklir USS San Francisco serta dok terapung pengisi bahan bakar. Mereka ditangkap karena menggunakan, memiliki dan mengedarkan narkoba,” ungkap Captain Hicks juru bicara Angkatan Laut AS

Captain Hicks mengatakan pemeriksaan di kapal USS Carl Vinson dimulai saat tiga pelaut yang sudah dibatasi ruang gerak mereka karena alasan-alasan yang tidak diungkapkan tertangkap sedang mengisap Spice.

“49 pelaut USS Carl Vinson menghadapi hukuman disiplin, dua diduga mendistribusikan “spice” dan orang ketiga diidentifikasikan sebagai “perantara,” kata Angkatan Laut.

Ketiga pelaut itu masih dalam pemeriksaan dan dapat dikenakan tindakan hukum.

Sementara, dalam satu pemeriksaan terpisah di kapal USS San Francisco dan dok pengisi bahan bakar diketahui saat tiga pelaut yang diperiksa ternyata positif menggunakan kokain, imbuh Hicks.

Dalam pemeriksaan tersebut pihak internal Angkatan Laut mengatakan 15 pelaut ternyata menggunakan “spice”, enam pelaut yang bertugas di kapal USS san Francisco atau dok itu mengaku menggunakan kokain dan satu ditemukan menggunakan methamphetamin.

“Tidak ada tuduhan kejahatan pada mereka, tetapi sejumlah dari mereka dapat menghadapi pengadilan militer tergantung pada pelanggaran yang dituduhkan pada mereka, katanya.

Dengan adanya temuan ini secara keseluruhan 64 pelaut dipecat secara administratif. Kebijakan Angkatan Laut Amerika Serikat terkait penyalahgunaan narkotika sudah jelas dan tegas.

“Penyalahgunaan narkotika jenis apapun tidak dapat ditoleransi karena pemakaian narkotika menyebabkan jiwa anggota kesatuan dalam menjalankan misi menjadi penuh resiko serta mengurangi kesiapan dan moral kesatuan.” terang Laksamana Madya Gerald Beaman komandan Armada Ketiga pernyataan tertulisnya.

Menggunakan narkoba termasuk jenis Spice, dilarang dan Angkatan Laut terus menyelidiki secara agresif penggunaan narkoba sintetis dan menahan mereka yang melanggar.

“Spice adalah narkoba sintetis yang memiliki dampak yang sama dengan marijuana.” imbuh laksamana bintang dua tersebut.(Ant/G)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS