My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Musibah Bunaken Wajib Jadi Mendapat Perhatian Serius Pemprov Sulut

08 Agustus
02:48 2010
Musibah Bunaken Wajib Jadi Mendapat Perhatian Serius Pemprov Sulut

Paula Sinjal

Jakarta – Anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR-RI, Paula Sinjal, mengatakan, musibah kecelakaan kapal motor pariwisata Bunaken yang menewaskan seorang anggota Komisi III DPR-RI dan seorang Notaris, merupakan pembelajaran berharga bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Musibah atau kecelakaan itu memang sulit dipredikisi. Tetapi, kunjungan rombongan Komisi III DPR-RI ke Sulawesi Utara (Sulut) yang makan korban jiwa ini juga perlu mendapat perhatian serius pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat, terkait pembenahan infrastruktur pariwisatanya,” katanya di Jakarta, Sabtu (7/8) malam.

Sebagai anggota Komisi I DPR-RI yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Sulut, Paula Sinjal mengatakan, wafatnya Setya Permana (anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan) dan Ny Wahyu Nurani (istri anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Sutjipto), lalu ada lima anggota lainnya mengalami luka-luka serius, harus mendorong adanya perbaikan fasilitas pariwisata di Manado.

“Mereka (anggota DPR RI) teman-teman yang peduli dengan Sulut. Keterangan yang saya dapat dari seorang teman nelayan di sekitar lokasi musibah mengungkapkan, memang fasilitasnya belum bagus. Malah dikatakannya tempat parkir kapal pariwisata-nya amburadul. Tidak ada tempat parkir yang jelas,” ungkapnya.

Karena itu, Paula Sinjal meningatkan, ini menjadi pembelajaran buat Pemerintah Daerah (Pemda) di Sulut, agar lebih berperhatian terhadap sektor pariwisata.

“Perhatikanlah tempat parkir armada pariwisata yang kurang aman dan juga beberapa fasilitas menyangkut keselamatan pengunjung atau pelancong yang masih minim lainnya,” katanya.

Paula Sinjal juga mengatakan, Pemda dan jajarannya serta dunia usaha pariwisata jangan hanya mampu menjual Manado sebagai kota pariwisata, tetapi fasilitas sebagai kota pariwisata dan keselamatan turis harus diperhatikan juga.

“Sebagai wakil rakyat utusan Sulut, saya terpukul sekali dengan musibah ini. Memang, selain kondisi alam yang belakangan tidak menentu, tapi memang perlu diperhatikan serius masalah fasilitas-fasilitas pariwisata kita itu. Saya mohon perhatian seriuslah,” ujarnya lagi.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS