My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Mola mola Berkulit Kasar

24 Mei
17:03 2008

Gentry Amalo-Indosmarin.com

Sanur – Saat ini baru para ahli dari Amerika Serikat, Australia serta beberapa negara maju lainnya yang melakukan penelitian tentang Mola mola. Dalam situs web milik Australian Museum, disebutkan tentang penelitian yang dilakukan secara kebetulan dan sebenarnya tidak lebih dari sekedar mengindetifikasi temuan Mola mola. Selain itu Museum Nasional Australia, juga mengumpulkan foto-foto yang dibuat para nelayan setempat terkait temuan Mola mola yang terdampar ataupun tertangkap jaring nelayan.

Menurut catatan Museum Australia, Ocean Sunfish atau Mola mola merupakan satu dari tiga spesies famili Molidae yang ditemukan hidup di perairan New South Wales. Dua lainnya adalah Southern Ocean Sunfish atau Mola ramsayi dan Slender Sunfish atau Ranzania laevis. Spesies keempat Australia yang tercatat dalam family ini adalah Sharptail Sunfish atau Masturus lanceolatus yang terdapat di sekitar perairan selatan Australia Selatan dan Australia Barat. Di seluruh dunia baru Australia saja yang mencatat dengan lengkap berbagai spesies yang masuk dalam famili Molidae. Lantas apa pendapat peneliti Australia tentang Mola mola? berikut catatannya:

Pada 13 Oktober 1998, beberapa staff Australian Museum diminta memeriksa Mola mola yang ditemukan tersangkut pada lunas kapal pengangkut semen MV Goliath, saat hendak bersandar di pelabuhan Sydney. Pihak museum kemudian mengutus Mark dan Shaun, untuk melakukan penelitian atas ikan besar ini.

Begitu tiba di pelabuhan, ikan besar dengan berat sekitar 1400 kg ini telah dipindahkan otoritas pelayaran Sydney (Sydney Waterways Authority) dari lunas kapal. Menurut para awak kapal, ikan ini tersangkut saat kapal berada di Teluk Jervis, negara bagian New South Wales. Diduga ikan ini tersangkut saat kecepatan kapal dikurangi dari 14 menjadi 11 knots.

Mark dan Shaun kemudian melakukan pengukuran dan mengambil sample Mola mola. Kedua ahli ikan ini mencatat tinggi ikan mencapai 3.1 m yang diukur dari ujung sirip atas (dorsal fin) hingga ujung sirip bawah (anal fin), dan panjang 2.5 m diukur dari ujung moncong ke ujung clavus. Dalam catatan kedua ahli ikan ini, kulit Mola mola ini sangat kasar sehingga menyebabkan cat pada dinding kapal terkelupas. Sampel kulit ikan ini pun diambil dari bagian sirip samping (pectoral fin) dan dekat ekor. Adapun kedua sampel ini kemudian dicatat sebagai koleksi Australian Museum Ichthyology dengan nomor AMS I.38997-001 dan AMS I.38997-002 (*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS