My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Mola mola “Si Kepala Berenang”

24 Mei
01:00 2008
Mola mola “Si Kepala Berenang”

Gentry Amalo-Indosmarin.com

Mola mola by BIDPSanur – Bagi para penyelam profesional dunia, Crystal Bay point di Nusa Penida – Bali adalah surga untuk melihat secara langsung Ocean Sunfish atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mola mola. Mola mola adalah nama Latin dari Ocean Sunfish yang juga banyak ditemukan di perairan selatan benua Australia, Jepang, Taiwan, Hawaii, dan beberapa tempat di Eropa.
Di perairan Pulau Nusa Penida, Mola mola kerap muncul pada kisaran Juni hingga September setiap tahunnya. Mola mola termasuk ikan yang cukup unik, karena tidak memiliki sirip ekor seperti ikan pada umumnya. Ikan raksasa ini berenang menjelajahi samudera hanya dengan menggunakan sirip punggung dan sirip perutnya saja, sementara sirip dada lebih berfungsi sebagai penyimbang.
Dalam taksonomi Mola mola masuk dalam famili Molidae. Di Australia Mola mola merupakan satu dari tiga spesies yang ditemukan hidup di perairan New South Wales. Dua lainnya adalah Southern Ocean Sunfish, dan Slender Sunfish atau Ranzania laevis. Spesies keempat Australia yang tercatat dalam family ini adalah Sharptail Sunfish atau Masturus lanceolatus yang terdapat di sekitar perairan selatan Australia Selatan dan Australia Barat.
Menurut situs on-line www.sunfish.org, disebutkan ada beragam penyebutan nama Mola mola. Di Prancis misalnya Mola mola disebut Poisson Lune yang berarti “ikan bulan”. Di Jerman disebut Schwimmender Kopf yang artinya “kepala berenang”. Di Filipina disebut Putol yang berarti “potongan pendek”. Di Jepang disebut Manbo, Taiwan disebut Toppled Car Fish, Spanyol disebut Bezador dan di Hawaii dengan sebutan Makua. Di Indonesia untuk sementara ini belum ditemukan sebutan atau panggilan nelayan lokal bagi Mola mola. Dilihat sekilas memang Mola mola sangat mirip dengan wajah manusia jika dilihat dari samping tidak heran jika orang Jerman menyebutnya sebagai “kepala berenang”(*)

foto by Jens Kuhfs – BIDP, foto diambil di Azores – Portugal (2005),.. untuk melihat karya Jens Kuhfs silahkan lihat di http://www.jens-kuhfs.com

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS