My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Militer Indonesia – Cina Tingkatkan Kerja Sama

29 April
11:39 2009
Militer Indonesia – Cina Tingkatkan Kerja Sama

Jakarta – TNI Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Laut Republik Rakyat Cina sepakat meningkatkan kerja sama, terutama dalam pendidikan dan latihan. Demikian disampakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno usai bertemu Kepala Staf Angkatan Laut Cina Laksamana Wu Shenghi, di sela-sela Peringatan 60 Tahun AL Cina, di Qingdao, Provinsi Shandong, Cina.

Kepala Dinas Penerangan TNI-AL, Laksamana Pertama Iskandar Sitompul saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Selasa, mengatakan, kerja sama masih difokuskan pada peningkatan pendidikan dan latihan bagi perwira kedua angkatan lain.

“Kami tidak berbicara tentang kerja sama pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista). Hanya masalah pendidikan dan latihan, serta perkembangan keamanan maritim di Asia dan global,” tuturnya.

Sementara itu secara terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut Cina Laksamana Wu Shenghi mengatakan, Cina berambisi untuk mengembangkan angkatan lautnya untuk mengamankan wilayah maritim di perairan jauh dari pesisir Cina.

Terkait itu, Cina merasa perlu untuk menjalin kerja sama dan kemitraan dengan angkatan laut sejumlah negara. Peningkatan kerja sama juga dibicarakan antara TNI AL dan Angkatan Laut Jepang dan Rusia.

Peringatan 60 tahun AL Cina ditandai dengan parade internasional kapal perang yang diikuti 21 kapal perang dari 14 negara serta dihadiri pula oleh 29 negara delegasi.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS