My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ubur ubur Menu Utama Mola mola

24 Mei
17:32 2008
Ubur ubur Menu Utama Mola mola

Gentry amalo-Indosmarin.com

Sanur – Para peneliti Australian Museum sempat melakukan operasi bedah, guna mengetahui isi perut dan apa saja yang menjadi menu makanan Mola mola setiap harinya. Dari hasil bedah tersebut, para ahli menemukan ubur-ubur, salps dan ctenophores (ubur-ubur cambuk api(?)) di dalam perut Mola mola.

Data Australian Museum menyebutkan bahwa terdapat sedikitnya tujuh puluh spesies salps di seluruh penjuru dunia dan lebih dari dua puluh diantaranya ditemukan di perairan Australian Selatan. Salps diklasifikasikan masuk dalam phylum Urochordata dan kelas Thaliacea. Mereka berkaitan dengan semua mahluk bertulang belakang (Phylum Chordata). Salps merupakan makanan penting, tidak hanya bagi Mola mola, tetapi juga bagi ikan-ikan lainnya seperti Smalleye Squaretail, Chinaman Leatherjacket, dan Blue-ringed Angelfish. Selain itu, pada kesempatan tertentu Mola mola juga mengkonsumsi udang, kepiting serta ikan-ikan kecil.

Susunan geligi Mola mola pada setiap rahang merupakan perpaduan antara paruh dan pipih layaknya lempengan. Bentuk mulutnya pun lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya yang begitu besar.(*)

foto: Australian Museum

Tags
Share

1 Komentar

  1. vita
    vita Oktober 16, 17:40

    artikel ini sangat baik juga berguna bagi saya.oleh karena itu, sa ya sangat bersyujur bisa mendapatkan artikel ini. saya adalah mahasiswa fakultas perikanan dan kelautan, universitas sam ratulangi. pada tahun 2007 di manado, para nelayan menjaring seekor mola mola dan juga tahun 2008 ini juga di dapatkan di manado, tetapi pada lokasi yang berbeda. saat ini, saya sedang melakukan pengkajian terhadapa isi perut dari mola mola yang di tangkap tahun 2007. saya masih sangat mengharapkan untuk mendapatakan banyak artikel yang menulis tentang ikan ini,. thx

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS