My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Menlu: RI Tak takut Minta China Mundur dari Laut China Selatan

10 Agustus
12:46 2012

Indonesia

Jakarta – Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, menegaskan sikap Indonesia terhadap persoalan Laut China Selatan, Menurutnya, Indonesia tidak takut untuk meminta China mundur dari persoalan Laut China Selatan.

“Kenapa takut? Gak ada masalah. Kan memang ini untuk kepentingan Tiongkok juga,” katanya, Jumat (10/8).

Jika jalur diplomasi tersumbat atau terganggu antara ASEAN dan Tiongkok, misalnya soal Laut China Selatan itu bisa membawa dampak yang lebih luas terhadap hubungan Tiongkok dan ASEAN.

“Saya kira mereka juga memiliki kepentingan untuk bisa mengelola masalah ini dengan baik,” katanya.

Menurut Marty road map untuk hal itu sudah jelas dengan adanya kesepakatan bersama para Menlu ASEAN atas persoalan Laut China Selatan.

Di dalam kesepakatan para Menlu ASEAN, tercantum Pelaksanaan DOC (declaration of conduct) yang menyusun code of conduct yang sudah disepakati elemen-elemennya dan unsur-unsurnya di Phnom Phenh, Kamboja.

“Indonesia sendiri sedang bekerja untuk menjabarkan elemen-elemen itu untuk menjadi suatu rancangan yang lebih utuh. Bersama dengan itu komunikasi dengan Tiongkok penting untuk mengetahui pandangan dia. Pembahasan Laut Cina Selatan sebagai bagian dari kerja sama ASEAN-Tiongkok, bagian dari perkembangan di kawasan, masalah kelautan. Semua sangat bisa dipahami,” katanya.(Rep/Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS