My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Menlu Indonesia, Malaysia dan Thailand akan Bertemu Bahas Pengungsi

 Breaking News
17 Mei
14:50 2015
Menlu Indonesia, Malaysia dan Thailand akan Bertemu Bahas Pengungsi

Kuala Lumpur – Pemerintah Malaysia, Minggu, mengumumkan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Malaysia, Indonesia, dan Thailand dijadwalkan bertemu untuk membahas arus pengungsi asal Bangladesh dan Myanmar, yang “membanjiri” perairan Asia Tenggara.

Menlu Malaysia Anifaf Aman dijadwalkan bertemu dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi di Kota Kinabalu pada Senin, kata pejabat Malaysia, seperti dikutip AFP.

Pertemuan itu akan diikuti dengan beberapa pertemuan terpisah Anifah dengan Menlu Thailand Tanasak Patimaprogorn dalam beberapa pekan ini. “Kemungkinan besar hari Rabu,” katanya.

Pejabat Malaysia itu menolak menjelaskan lebih lanjut apakah pertemuan para Menlu tersebut membahas soal krisis pendatang. Sekitar 3.000 pendatang diselamatkan dari laut, dibawa ke darat oleh Malaysia, Indonesia, Thailand selama satu pekan belakangan.

Pegiat menyebutkan ribuan dikhawatirkan masih berada di laut terombang-ambing dengan kapal yang sangat sederhana, setelah pemerintah Thailand mengungkap bisnis perdagangan manusia di kawasan Asia Tenggara.

Tiga negara ini tengah mendapat desakan internasional agar mengizinkan perahu-perahu itu merapat ke daratan karena tiap perahu berisi ratusan migran yang keletihan.

Kedatangan Muslim Bangladesh ke negara-negara Asia Tenggara diyakini terkait erat dengan parahnya kemiskinan di negeri asal mereka, sementara etnis Rohingya dari Myanmar kebanyakan menjadi migran karena etnisnya ditindas oleh pemerintah Myanmar.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS