My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Menko Kesra Luncurkan Sail Wakatobi 2011

16 Juli
12:22 2011

Sail Wakatobi Belitung 2011

Wakatobi – Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Republik Indonesia, Agung Laksono, Sabtu, meluncurkan kegiatan Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011 di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menko Kesra, Agung Laksono, dalam sambutannya, mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Sail Wakatobi-Belitong ini adalah menggalang keterpaduan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dan yang paling utama lagi adalah menjadikan Wakatobi (Sultra) dan Belitung (Babel) sebagai destinasi wisata nasional dan Internasional,” kata mantan ketua DPR RI ini.

Ia mengatakan, tujuan lain dari kegiatan ini adalah menjadikan potensi kelautan dan perikanan di Sulawesi Tenggara dan Bangka Belitung sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Menurutnya, alasan dipilihnya Wakatobi sebagai lokasi sail tahun 2011 yakni karena daerah ini merupakan pusat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, tempat berdiamnya 85 persen dari 700 spesies terumbu karang di dunia.

“Wakatobi ini juga dikenal sebagai pusat atau jantung segitiga karang dunia, sekaligus sebagai kawasan taman nasional dan cagar biosfer internasional. Kemudian sebagai pusat parwisata bahari internasional, dengan lingkungan yang asri dan alami serta memiliki budaya yang sangat beragam,” ujarnya.

Ia menjelaskan, seiring kedua tujuan tersebut, maka kegiatan Sail Sail Wakatobi-Belitong 2011 mengambil tema “clean ocean for the future” yang bertujuan ingin menyampaikan bahwa Indonesia dengan potensi sumberdaya maritimnya yang luar biasa diharapkan dapat terjaga kebersihannya.

“Sehingga berdampak bagi kelestarian sumberdaya yang ada, dan pada akhirnya dapat memberikan kesejahteraan rakyat Indonesia saat ini dan di masa mendatang,” ujarnya.

Agung mengatakan, kegiatan utama yang dilaksanakan dalam Sail Wakatobi-Belitong 2011 yaitu Operasi Surya Baskara, Yacht Rally and Race, Seminar Nasional dan Internasional, Lintas Nasional Remaja dan Pemuda Bahari, serta pameran UMK dan produksi perikanan dan kelautan.

Dalam Launching tersebut, dihadiri pula oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Fadel Muhammad, Wakil Ketua DPD RI, La Ode Ida, Gubernur Sultra, Nur Alam, Kapolda Sultra, Brigjen Sigit Sudharmanto, Danrem 143 Haluoleo, Kolonel (Inf) Taufik Hidayat, Ketua DPRD Sultra, Rusman Emba, Bupati Wakatobi, Hugua, anggota DPRD Sultra, anggota DPRD Wakatobi, pejabat lingkup Sultra dan lingkup Kabupaten Wakatobi.

Usai melauncing Sail Wakatobi-Belitong, Menko Kesra, kemudian bertolak menuju Sulawesi Utara (Sulut) untuk mengunjungi korban letusan gunung Lokon di Minahasa.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS