My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Menhub Serahkan Lima Kapal Rakyat

 Breaking News
19 Februari
08:35 2017
Menhub Serahkan Lima Kapal Rakyat

Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkomitmen memberikan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara berupa 5 unit kapal rakyat dan mendidik 1000 pemuda pemudi menjadi SDM handal di bidang Pelayaran

“Khusus di Sultra kita akan berikan 5 kapal rakyat. Kita juga berikan diklat vokasi pelaut secara gratis untuk 1000 orang,”ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Bisnis.com.

Tercatat, beberapa upaya yang dilakukan Kemenhub untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran rakyat yaitu pada tahun 2017 ini, diantaranya Kemenhub menganggarkan sebesar Rp200 miliar untuk membangun 100 kapal rakyat berbobot 35 GT, dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan kondisi perairan di Indonesia dan sesuai standar keselamatan dan keamanan pelayaran.

Selain itu, melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan menargetkan kuota sebanyak 48.335 orang di seluruh Indonesia, untuk dididik melalui program diklat pemberdayaan masyarakat.
BPSDMP menggandeng universitas-universitas dan pemerintah daerah untuk menjaring peserta diklat yang nantinya akan mengikuti diklat di sekolah Perhubungan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lebih lanjut, Menhub Budi mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukannya setiap pekan ke daerah-daerah, termasuk ke Kendari adalah untuk menyampaikan dan memastikan visi misi pemerintahan Kabinet Kerja Jokowi-JK sesuai Nawacita dapat “hadir” dan dirasakan masyarakat.

Menhub mengatakan sangat terkesan dengan semangat pemerintah daerah dan masyarakat di Sultra, membangun potensi daerah. khususnya di Kota Kendari.

“Kendari indah. Banyak pulau, karang yang belum pernah saya lihat. Oleh karena itu keunikan yang menjadi keunggulan kompetitif sudah seharusnya dibangun,” ungkapnya.

Dia yakin, dengan kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, pembangunan di kota Kendari dapat berjalan dengan baik.

Salah satu proyek pembangunan infrastruktur transportasi di kota Kendari yang dikunjungi Menhub adalah pembangunan Pelabuhan Baru Kendari (Kendari New Port) di Bungkutoko yang tengah dilakukan oleh Pelindo IV. Keberadaan pelabuhan tersebut diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan kepelabuhanan di kota Kendari, dimana pelabuhan yang saat ini ada yaitu Pelabuhan Nusantara Kendari, sudah tidak bisa dikembangkan lagi dan tidak mampu disandari kapal-kapal berukuran besar.(Bisnis.com)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS