My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Menhan: Kontrak Pengadaan Kapal Selam Ditunda

04 Oktober
18:36 2009
Menhan: Kontrak Pengadaan Kapal Selam Ditunda

402_nanggala_bJakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono mengatakan, kontrak pengadaan dua kapal selam baru ditunda setahun, dari semula 2010 menjadi pada 2011.

“Dengan begitu, dua kapal selam baru akan memperkuat Indonesia pada 2012 atau 2013,” paparnya di Jakarta, Minggu (4/10).

Menhan mengemukakan, anggaran yang terbatas membuat pihaknya harus melakukan skala prioritas tinggi dalam pengadaan alat utama sistem persenjataan.

Berbagai bencana alam yang melanda negeri ini, mengharuskan pemerintah untuk memfokuskan diri pada pembangunan infrastruktur dan pengentasan kemiskinan pada 2009-2010.

Terkait itu, meski terjadi kenaikan anggaran pertahanan menjadi Rp40,7 triliun pada 2010, namun Departemen Pertahanan dan Mabes TNI sepakat untuk tidak dulu mengadakan sistem persenjataan pemukul (strike force) melainkan pesawat, kapal, dan kendaraan angkut.

“Pesawat, kapal dan kendaraan angkut sangat dibutuhkan saat ini tidak saja untuk mobilitas pasukan TNI ke lokasi bencana tetapi juga untuk mengangkut logistik prajurit, dan bantuan sosial ke lokasi bencana. Jadi, kita tunda dulu alat utama sistem persenjataan strategis seperti kapal selam,” tuturnya.

Saat ini, Departemen Pertahanan masih menggodok pengadaan dua kapal selam baru bagi TNI Angkatan Laut. Dari lima perusahaan dari lima negara, kini telah terjaring dua negara yakni Rusia dan Korea Selatan.

“Meski penandatanganan kontraknya ditunda, namun segala proses pengadaannya terus berlanjut hingga saat hari penentuan kami juga benar-benar matang dan yakin atas pilihan produk yang akan digunakan,” kata Juwono.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *