My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Mengintip Potensi Wisata Bawah Laut di Kepulauan Nusa Penida

 Breaking News
30 Mei
16:24 2016
Mengintip Potensi Wisata Bawah Laut di Kepulauan Nusa Penida

Nusa Penida – Bagi pencinta wisata bahari, mungkin nama Kepulauan Nusa Penida sudah tidak asing lagi. Kepulauan Nusa Penida merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Berdasarkan data Coral Triangle Center (CTC), Nusa Penida memiliki keanekaragaman hayati laut yang tinggi dan merupakan bagian dari kawasan segitiga terumbu karang dunia (the coral triangle), Kecamatan yang terdiri dari tiga pulau utama yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan ini memilki 1.419 hektar terumbu karang, 230 hektar hutan bakau, dan 108 hektar padang lamun.

Salah satu yang menjadi ikon wisata bawah laut Nusa Penida adalah ikan Mola-mola atau sunfish. Ikan yang memiliki ukuran rata-rata dua meter tersebut terdeteksi selalu muncul di perairan Nusa Penida sekitar bulan Juli-September.

Kemunculan Mola-mola untuk membersihkan dirinya dari berbagai parasit dengan bantuan ikan-ikan karang sekaligus berjemur untuk mendapatkan sinar matahari guna menyesuaikan suhu tubuh akibat berada di perairan dalam cukup lama.

Kemunculan ikan Mola-mola yang dapat diprediksi ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pada Juli-September, para penyelam dari seluruh dunia datang ke Nusa Penida, untuk melihat Mola mola.(Rendra Raditya)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *