My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Masyarakat Surabaya Kunjungi Kapal Perang AS

01 Juni
23:48 2010
Masyarakat Surabaya Kunjungi Kapal Perang AS

Surabaya – Angkatan Laut Amerika Serikat (US-Navy) memberikan kesempatan kepada masyarakat Kota Surabaya, khususnya kalangan pelajar, untuk mengunjungi sejumlah kapal perangnya yang sedang bersandar di Dermaga Jamrud, Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (1/6).

Hal itu dilakukan untuk mengakhiri tugas latihan bersama dengan pasukan TNI Angkatan Laut (AL) bersandikan Latihan Bersama Naval Engagement Activity (NEA) 2010 yang digelar di sejumlah tempat di Jawa Timur sejak 26 Juni 2010.

Penutupan Latma NEA 2010 itu dilakukan melalui upacara yang dipimpin Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Among Margono di atas kapal perang milik US-Navy USS Tortuga yang bersandar di Dermaga Jamrud pada hari itu juga.

Upacara penutupan itu juga dihadiri Komandan satuan Tugas (Commander Task Force) 73 Real Admiral Nora W. Tyson, pihak Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, dan para pejabat teras Koarmatim lainnya.

Latma NEA 2010 mengambil tempat latihan di markas Koarmatim Surabaya, Lamongan, Situbondo, dan Banyuwangi. TNI-AL mengerahkan 965 personel dari Lantamal V, Pasmar 1, Puspenerbal, Kobangdikal, Akademi Angkatan Laut (AAL), dan RSAL dr. Ramelan Surabaya.

“Latma NEA ini telah terlaksana beberapa kali dan terbukti saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik dari segi teknis maupun taktis matra laut. Kondisi tersebut diharapkan mampu berdampak positif di masa yang akan datang guna membina dan meningkatkan hubungan diplomatis antara Indonesia dengan Amerika Serikat, khususnya antara TNI-AL dengan Angkatan Laut Amerika,” kata Pangarmatim.

Dalam Latihan bersama itu, US-Navy mengerahkan empat unit kapal perangnya, yakni USNS Salvor, USS Tortuga, USS Vandegrift, dan USCG Mellon dengan materi latihan meliputi, demonstrasi penggunaan “Centrix” di USS Tortuga, simposium kesehatan, simposium udara, training penyelaman, simposium perencanaan operasi amfibi, latihan keamanan laut, dan training marinir.

Kegiatan tersebut juga didukung satu kompi Zeni Korps Marinir TNI-AL untuk melaksanakan kegiatan “Engeineering Civic Action Project” dengan merenovasi bangunan sekolah dan kamar kecil di SD Negeri Weru, Kabupaten Lamongan. Dilanjutkan bakti sosial dengan memberikan pelayanan pengobatan umum, pemeriksaan gigi, KB, dan khitanan massal di Desa Weru dan Desa Sidokumpul Kabupaten Lamongan.

Kegiatan lain dalam Latma NEA 2010 juga dimeriahkan dengan kolaborasi pentas musik antara Band TNI-AL dengan US-Navy di tiga tempat berbeda di Surabaya, yakni Mal Cito, Mal Super Pakuwon Trade Centre, dan SMA Negeri 5 Surabaya. (Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS