My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Masyarakat Ba’a Masih Terbiasa Membuang Sampah ke Laut

 Breaking News
28 Februari
12:31 2016
Masyarakat Ba’a Masih Terbiasa Membuang Sampah ke Laut

Ba’a – Pantai Ba’a, yang terletak di ibukota Kabupaten Rote-Ndao, NTT, setiap hari dipenuhi aneka macam sampah plastik dan sampah rumah tangga. Aneka sampah plastik ini tampak memenuhi seluruh areal pantai mulai dari Kampung Cina hingga Kampung Metina.

“Ya, beginilah kondisi sehari-hari, karena masyarakat masih memiliki kebiasaan membuang sampah khususnya plastik sisa kemasan ke sungai dan muara sungai, bahkan ada yang langsung membuangnya ke laut,” terang Datok Ali Gani, salah satu warga yang menetap di Kampung Metina saat ditemui Indosmarin.com di Ba’a, Minggu (28/2).

Menurut lelaki yang kerap dipanggil Atski ini, kebiasaan warga membuang sampah di Laut ini disebabkan karena sempitnya lahan milik warga dan masih kurangnya kesadaraan warga untuk membuang sampah rumah tangga masing-masing ke kotak sampah yang telah disiapkan Pemkab Rote-Ndao.

“Kalau dulu, warga masih memiliki sedikit lahan untuk membakar sampah, tapi sejak jalan di tepi pantai ini dibuat, warga sudah tidak memiliki lahan lagi untuk membakar sampah, sehingga akhirnya aneka sampah rumah tangga ini langsung dibuang ke laut,” imbuh lelaki pemilik salah satu tempat makan di tepi pantai Ba’a.

Atski berharap warga kota Ba’a dan pemerintah Kabupaten Rote-Ndao segera membangun kesadaran bersama untuk membersihkan lingkungan di sekitarnya. Salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan kepada warga di sepanjang pesisir Ba’a untuk tidak membuang sampah, khususnya sampah plastik ke laut.(Gentry Amalo)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *