My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Mabes TNI Bangun Pembangkit Tenaga Listrik Pulau Terluar

17 Mei
08:21 2010
Mabes TNI Bangun Pembangkit Tenaga Listrik Pulau Terluar

Biak – Mabes TNI dalam tahun 2010 sedang membangun dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di dua pulau terluar yakni Pulau Barasi dan Pulau Fanildo, yang masuk dalam Kabupaten Supiori, Papua.

Komandan Kodim 1708 Biak, Letkol Inf Juhari, di Biak, Senin (17/5) mengemukakan pembangunan dua PLTS yang sedang dikerjakan di pulau terluar Supiori untuk membantu masyarakat setempat dalam memenuhi kebutuhan listrik sebagai alat penerang rumah.

“Kami harapkan dengan program pembangunan dua PLTS di pulau terluar Barasi dan Fanildo segera rampung sehingga bisa dimanfaatkan penduduk setempat,” ungkap Juhari.

Juhari juga mengakui, wilayah pulau terluar Barasi dan Fanildo sangat terpencil yang juga berbatasan dengan negara tetangga sehingga keberadaan pulau ini memerlukan penanganan khusus.

Perhatian pemerintah pusat terhadap keberadaan pulau terluar, menurut Juhari, sangat besar karena wilayah pulau terluar mempunyai potensi kekayaan hasil luat yang melimpah.

Selain itu keberadaan pulau terluar di wilayah Republik Indonesia menjadi aset bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga harus dijaga dan dilindungi potensi alam maupun mnasyarakatnya.

Belum lama ini tim ekspedisi Garis Depan Nusantara telah memasang tanda batas wilayah dan milik NKRI di pulau terluar Barasi dan Fanildo.

“Dengan adanya pemasangan batas wilayah dan lambang NKRI diharapkan kedaulatan dan keutuhan wilayah pulau terluar tetap terjaga sebagai milik bangsa dan rakyat Indonesia,” ungkap Juhari.

Wilayah pulau terluar Barasi dan Fanildo berada di wilayah pemerintahan kabupaten Supiori yang dikenal memiliki kekayaan laut dan berbatasan dengan negara Republik Palau.(Ant)

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS