My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

LSM Desak Pemprov Bali Segera Merevisi Rancangan RTRW Pesisir

21 Januari
14:37 2012
LSM Desak Pemprov Bali Segera Merevisi Rancangan RTRW Pesisir

Arsonetri

Denpasar– Lembaga pemerhati kawasan pesisir Yayasan Bahtera Nusantara meminta Gubernur Bali untuk mengevalusi kembali rancangan peraturan gubernur (pergub) tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) pesisir.

Bahtera Nusantara menilai rancangan pergub tersebut bertentangan dengan undang-undang pengelolaan pisisir dan pulau-pulau kecil serta bertentangan dengan semangat implementasi otonomi daerah.

Direktur Bahtera Nusantara, Arsonetri, Sabtu (21/01) menyatakan dalam rancangan pergub ini terdapat poin yang menyatakan bahwa pengelolaan kawasan konservasi pesisir (KKP) harus mendapatkan rekomendasi dari pemerintah provinsi, padahal kewenangan tersebut harusnya berada di tingkat kabupaten. Jika nantinya rancangan pergub tersebut tetap dipaksakan untuk di implementasikan maka besar kemungkinan akan terjadi konflik kepentingan di lapangan.

“Takutnya kita, itu diartikan sempit, sehingga menimbulkan konflik di lapangan, karena memang kawasan konservasi pesisir ini merupakan kawasan strategis pariwisata , dimana keanekaragaman hayatinya banyak , pemandanganya bagus dan menyangkut harkat hidup orang banyak,” jelas Arsonetri saat ditemui Indosmarin.com.

Arsonetri berharap pemerintah Provinsi Bali mengevaluasi pergub RTRW pesisir, jika tidak ingin nantinya pergub tersebut digugurkan oleh Mendagri. Menurut Arsonetri, KKP baru dapat dibawah tanggungjawab pemerintah provinsi jika kawasan tersebut berada dalam wilayah lintas kabupaten.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS