My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Lomba Kapal Layar Darwin-Ambon 2008 Segera Berlangsung

07 Mei
18:22 2008

Gentry Amalo-Indosmarin.com

Kuta, Sedikitnya tiga puluh satu peserta lomba kapal layar tiang tinggi atau yacht akan mengikuti lomba yacht Darwin-Ambon. Perlombaan akan diawali dari Darwin-Australia pada 26 Juli dan berakhir di Ambon-Maluku pada 29 Juli 2008. Demikian disampaikan Feisol Hashim, Presiden DPP Gabungan Pengusaha Wisata Bahari (GAHAWISRI) usai menandatangani nota kesepahaman antara GAHAWISRI dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated di Alam KulKul Boutique Resort-Kuta.

Menurut Hashim, perlombaan ini merupakan kegiatan tahunan terbesar ketiga di dunia setelah American Cup dan Sydney-Hobart. Karenanya perlu persiapan yang matang, terutama persiapan akomodasi dan logistik di tempat-tempat yang akan dikunjungi para peserta lomba ini.

Hashim menambahkan bahwa di dalam nota kesepahaman ini, dibahas tentang mekanisme pelaksanaan, sistem pendukung logistik serta media promosi acara perlombaan yacht yang akan berlangsung mulai Juli hingga September tahun ini. Usai menempuh rute Darwin-Ambon, para peserta juga akan mengikuti kegiatan yacht rally yang menempuh rute Ambon-Ternate-Manado dan berakhir di Makassar. Acara rally ini sendiri akan berlangsung selama sebulan penuh mulai 4 Agustus hingga awal September 2008.

Wayne Huxley, Dewan Penasihat panitia perlombaan ini mengatakan bahwa Darwin-Ambon Yacht Race 2008 adalah salah satu kegiatan internasional yang meramaikan tahun Kunjungan Wisata Indonesia 2008. Wayne menjelaskan bahwa perlombaan kapal layar tiang tinggi ini, telah dimulai sejak 1976 dan berlangsung setiap tahunnya hingga terhenti pada 1998. Terhentinya kegiatan lomba layar ini, lebih karena persoalan keamanan akibat konflik Ambon serta tumbangnya Orde Baru.

Setelah sembilan tahun mati suri, akhirnya perlombaan ini kembali dilaksanakan pada 2007 lalu yang hanya diikuti lima yacht . Pada perlombaan yacht 2008 ini, sedikitnya tiga puluh satu peserta telah mendaftar. Namun tidak menutup kemungkinan jumlah ini bertambah karena penutupan pendaftaran peserta lomba, baru akan dilakukan pada 26 Juni 2008.

Baik Hashim maupun Huxley mengatakan bahwa pihaknya optimis jumlah peserta akan semakin meningkat, mengingat sepuluh tahun silam jumlah peserta yang mengikuti kegiatan perlombaan ini mencapai seratus yacth.

Keduanya juga berharap agar kegiatan lomba Darwin–Ambon ini akan menjadi kegiatan tahunan serta diikuti lebih banyak negara lainnya. Rally yang ditempuh pun akan dikembangkan sampai ke Malaysia, Singapore dan Thailand. Dengan demikian dimasa yang akan datang perlombaan yacht Darwin-Ambon ini akan menjadi event wisata bahari terbesar di Asia dan Australia.(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS