My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Liburan Pergantian Tahun, Pantai Kuta Dipenuhi Sampah

31 Desember
16:54 2008
Liburan Pergantian Tahun, Pantai Kuta Dipenuhi Sampah

Muliarta – Indosmarin.com

Kuta – Ratusan kubik sampah mengotori Pantai Kuta Badung Bali. Upaya pembersihan terus dilakukan, namun karena jumlah sampah yang cukup banyak membuat petugas Satgas Pantai Kuta dan pedagang pantai Kuta keteteran.

Kendati Pantai Kuta penuh sampah, namun ribuan  wisatawan nampak tetap menikmati liburan di pantai tersebut. Beberapa wisatawan nampak bermain dipinggir pantai dan beberapa lainnya tetap asik berselancar.

Ketua Satgas Pantai Kuta I Gusti Ngurah Tresna  ketika ditemui di Pantai Kuta (31/12) mengakui kesulitan dalam membersihkan pantai Kuta. Tidak saja akibat jumlah sampah yang cukup banyak tetapi juga akibat jumlah wisata yang membludak memadati pantai Kuta.

Ngurah Tresna mengaku terpaksa membatasi penggunaan alat berat untuk membersihkan sampah. Mengingat sejak pagi wisatawan telah memadati pantai untuk menikmati liburan pergantian tahun.

“Pantai sudah dipadati pengunjung, jadi kita agak membatasi dan berhati-hati dalam mempergunakan alat berat untuk membersihkan pantai”ujar I Gusti Ngurah Tresna.

Ngurah Tresna menegaskan sampah yang memadati pantai Kuta merupakan fenomena tahunan setiap terjadi angina musim barat. Dimana sampah-sampah yang mengotori pantai Kuta ini merupakan sampah kiriman yang diperkirakan berasal dari pantai-pantai di Pulau Jawa(*)

Tags
Share

1 Komentar

  1. domba garut!
    domba garut! Januari 04, 04:10

    Kebersihan memang tanggung jawab bersama, dari mulai pemerintah propinsi dan terus sampai ke si turis itu sendiri.. program terpadu pemberdayaan harus terus digalakkan juga enforcement dengan denda mestinya bisa membuat penangkal mereka yang ingin nyampah sembarangan 😀

    Semoga 2009 ini bisa jadi tahun yang membawa berkah..
    Wishing you a prosperous 2009, despite the fact of world order began to crumble – Hugs from Liberia!

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS