My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Liburan Akhir Tahun ke Pulau Serangan (3)

09 Desember
00:40 2008
Liburan Akhir Tahun ke Pulau Serangan (3)

Gentry Amalo – indosmarin.com
Pulau Serangan
– Secara keseluruhan di Pulau Serangan terdapat sembilan belas pura tetapi hanya tiga diantaranya yang dapat digolongkan sebagai tinggalan arkeologi dari masa Hindu. Adapun ketiga pura tersebut adalah Pura Dalem Sakenan, Pura Dalem Susunan Wadon dan Pura Dalem Cemara.

Mengenai arti kata “pura” adalah berasal dari kata “pur” yang berarti “kota” atau “benteng” atau “kota berbenteng”, pengertian ini kemudian berkembang.

Di Bali sebuah pura berarti suatu tempat khusus yang disucikan dan dikelilingi oleh tembok. Pada tempat khusus inilah diadakan persembahyangan untuk memuja Sang Hyang Widhi, Tuhan Yang MahaEsa dengan segala manifestasinya beserta roh leluhur yang telah disucikan.

Pura Dalem Sakenan terletak di bagian barat daya Pulau Serangan dan menjadi satu kompleks dengan Pura Penataran. Bagian halaman pura ini cukup unik untuk diteliti lebih mendalam terutama pada sistem pembagian halamannya. Prasada di pura ini menghadap ke barat dan dikelilingi tembok pembatas atau penyengker dengan sebuah pintu yang menghadap ke barat pula.

Tepat di sebelah timur Pura Dalem Sakenan terdapat Pura Penataran, hubungan kedua pura ini masih dalam penelitian para arkeolog, sebab pada umumnya Pura Penataran adalah pura kerajaan di daerah dataran.

Menurut arkeolog Made Sutaba, di dalam Pura Penataran ini terdapat sejumlah bangunan antara lain Pelinggih Gunung Agung, Pelinggih Bhatara Tegal (Denpasar), Bhatara Pemecutan (Dinasti Raja Pemecutan – Denpasar), Bhatara Cemenggon, Pewayangan Dalem Abian Timbul dan Dalem Panjer.

Adanya sejumlah bangunan pelinggih yang berfungsi sebagai media pemujaan leluhur ini menunjukan bahwa Pura Dalem Sakenan tampaknya pernah berfungsi sebagai salah satu pura Kerajaan Badung.

Secara historis dan menurut kepercayaan masyarakat Bali, Pura Dalem Sakenan mempunyai hubungan dengan beberapa pura penting yang ada di Bali antara lain, Pura Besakih – Karangasem, Pura Sada – Kapal, Pura Masceti – Gianyar dan Pura Uluwatu – Jimbaran.(bersambung..)

sumber foto: http://blog.baliwww.com

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS