My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Latihan Perang Darat dan Udara Korsel Gunakan Peluru Tajam

22 Desember
11:35 2010
Latihan Perang Darat dan Udara Korsel Gunakan Peluru Tajam

Marinir Korea Selatan berlatih

Seoul – Militer Korea Selatan mengatakan pihaknya akan menggelar pelatihan besar perang darat dan udara dengan menggunakan peluru tajam pada Kamis (23/12) di dekat perbatasan Korea Utara.

Seorang juru bicara angkatan darat mengatakan bahwa latihan di Pocheon, 20 kilometer di selatan perbatasan itu, akan menjadi pelatihan sejenis terbesar yang diselenggarakan. Dia mengatakan pelatihan yang sama telah diselenggarakan sebelumnya di Pocheon beberapa kali.

Ketegangan masih tinggi di semenanjung setelah Korea Utara mengancam akan membalas menyerang, setelah Korea Selatan melakukan pelatihan dengan menggunakan peluru tajam pada Senin (20/12) di sebuah pulau dekat perairan perbatasan yang disengketakan.

Namun kemudian pihaknya mengumumkan tidak akan melakukan serangan balasan.

Menurut juru bicara Komando Staf Gabungan Korsel Lee Bung-woo, Seoul pada Senin (20/12) mengakhiri pelatihan militer di sebuah pulau perbatasan tanpa mengundang reaksi provokatif dari seterunya Korea Utara.

Lee Bung-woo, mengatakan latihan menembak selama 94 menit itu berakhir pada pukul 16.04 waktu setempat dengan menggunakan meriam artileri Howitzer K-9 dan beberapa jenis senjata tempur lainnya yang ditempatkan di Pulau Yeonpyeong.

“Selama latihan, militer Korea Utara meningkatkan kewaspadaan serta menyiagakan diri namun tidak melakukan provokasi lagi, militer kita akan tetap menjaga ketahanan militer untuk mempertahankan kepulauan barat laut itu serta melindungi kedaulatan kita,” kata Lee seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Sebelumnya, menjelang pelatihan perang tersebut, Korea Utara memperingatkan bahwa pihaknya akan membalas latihan militer Korea Selatan itu dengan “serangan pertahanan diri tak terduga” yang kemudian memicu kekhawatiran terulangnya bombardemen mematikan Korea Utara ke arah pulau di Laut Kuning tersebut.(Ant)

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS