My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Latihan Bersama KOPASKA – Navy Seals Berakhir

04 Februari
16:27 2009
Latihan Bersama KOPASKA – Navy Seals Berakhir

Surabaya – Setelah menggelar latihan bersama selama hampir satu bulan penuh, Latihan Bersama antara Komando Pasukan Katak TNI AL dengan pasukan Katak Amerika Serikat, US Navy Seal, secara resmi ditutup Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Pertama TNI Lili Supramono di Lapangan Tembak Koarmatim, Dermaga Ujung, Surabaya, Rabu (4/2).

Dalam amanatnya, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Lili Supramono mengatakan bahwa untuk mengantisipasi situasi dan kondisi kedepan yang memiliki kerawanan terhadap tindakan ilegal maupun yang terkait dengan kemanan dalam negeri dan ancaman teroris, diperlukan pengamanan wilayah dari gangguan yang akan menggoyahkan stabilitas nasional.

Berkaitan dengan itu, latihan bersama Kopaska TNI AL dengan US Navy Seal diharapkan dapat berdampak positif bagi TNI AL dalam pengamanan wilayah maritim. Latihan bersama ini, merupakan bentuk kebijaksanaan dan kerjasama Pemerintah RI dengan Amerika Serikat khususnya bidang kemiliteran. Karena itu, program latihan memiliki aspek yang positif.

Pangarmatim berharap agar latihan ini akan senantiasa dilaksanakan secara terprogram, terus-menerus dan berjenjang, disertai dengan peningkatan materi latihan dari waktu ke waktu, dengan prinsip saling menghormati, menghargai dan menguntungkan kedua negara.

Di sisi lain, latihan dengan negara sahabat diharapkan dapat meningkatkan dan kemampuan baik teknik serta taktik perorangan maupun tim, sehingga terbentuk jiwa prajurit yang benar-benar profesional.

“Dengan prajurit yang profesional dan peralatan tempur yang canggih, maka tugas TNI AL dalam menjaga kewibawaan dan kedaulatan serta integritas NKRI, khususnya di laut dari segala bentuk gangguan, pelanggaran kejahatan dan ancaman potensi maupun faktual dario dalam maupun luar negeri dapat kita laksanakan dengan baik,” ujar Pangarmatim.

Usai upacara, dilanjutkan dengan penyematan brevet US Navy Seal kepada Kepala Staf (KS) Koarmatim Laksamana Pertama TNI Slamet Yulistiyono dan Komandan Kodikopsla Kobangdikal Laksamana Pertama TNI Ade Sopandi sebagai warga kehormatan US Navy Seal.

Dalam latihan yang bersandi “Flash Iron 09-01” ini, Pasukan Katak TNI AL mengerahkan 4 tim atau 28 personel sedangkan dari US Navy Seal menyertakan 15 personelnya. Selain sniper, mereka juga berlatih tentang Maritime Interdiction Operation (peperangan ruang tertutup), Jungle Welfare (perang hutan) berikut Jungle Survival, Fast Roping, Over the Beach serta Tactical Combat Casualty Care. Salah satu materi baru yang diadopsi Kopaska TNI AL dari US Navy Seal dalam latihan kali ini adalah materi bernama Halo Sniper atau teknik menembak sniper dari pesawat helikopter yang tengah terbang.

Koarmatim mengerahkan satu unit kapal perang, sebuah helikopter Bell, 2 Sea Rider, serta 5 perahu karet untuk latihan yang berlangsung mulai 12 Januari hingga 5 Februari 2009 dengan lokasi di Markas Koarmatim, selat Madura, Pantai Banongan serta Selogiri Banyuwangi.(Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS