My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Lagi, TNI AL Tangkap Kapal Ikan China

29 Juni
19:27 2009
Lagi, TNI AL Tangkap Kapal Ikan China

kapalcina1Surabaya – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Taliwangsa berhasil mengamankan kapal ikan asal China, MV Fu Yuan Yu F-80.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Timur, Letkol Laut Toni Syaiful, di Surabaya, Senin (29/6), mengungkapkan, peristiwa itu bermula ketika KRI Taliwangsa sedang melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perairan Indonesia Timur.

“Saat berada di perairan Seram, KRI Taliwangsa memergoki kapal berbendera China sedang melakukan aktivitas mencurigakan,” katanya.

Kemudian, kapal perang yang dinakhodai Kapten Laut (P) Suyadi itu berhasil mengejar kapal ikan dari negeri “Tirai Bambu” berbobot mati 1.344 gross ton tersebut.

Dalam pemeriksaan petugas, nakhoda kapal, Cheng Kong Zhang, tidak bisa menunjukkan dokumen-dokumen pelayaran secara lengkap.

Kapal ikan jenis pengangkut (tramper) dengan jumlah anak buah kapal (ABK) 19 orang yang semuanya warga negara China itu tidak memiliki surat izin usaha perikanan (SIUP), dan surat izin radio.

“Dengan tidak memiliki SIUP dan surat izin radio, kapal tersebut telah melakukan pelanggaran pelayaran dan penangkapan ikan di perairan NKRI,” kata Toni.

Untuk proses penyidikan lebih lanjut, kapal asal China itu digelandang menuju Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) Sorong, Papua.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS