My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Lagi, Perompak Somalia Bajak Kapal Barang Korsel

21 April
09:58 2011

MV Sinar Kudus

Seoul – Kementrian Luar Negeri Korea Selatan, Kamis (21/4) mengumumkan pembajakan sebuah kapal barang berbendera Korea Selatan oleh para perompak Somalia.

Menurut Xinhua-OANA, kapal barang berbobot 75.000 ton yang membawa 14 warga Korea Selatan menuju ke Singapura itu dilaporkan hilang komunikasi dengan operatornya, Hanjin Shipping, saat berada di perairan lepas pantai Somalia.

Sementara, kapal MV Sinar Kudus yang memiliki ABK sebanyak 31 orang termasuk 20 WNI pada 16 Maret juga dibajak di perairan Arab dan digiring ke wilayah perairan Somalia.

Pemerintah Somalia menyarankan Indonesia untuk mengirimkan perunding yang profesional pada perompak agar semuanya dapat berjalan dengan baik.

Para pejabat Somalia mengatakan, perompakan itu tidak saja mengganggu ketenangan masyarakat internasional tapi juga mengganggu keadaan ekonomi Somalia sebab tidak ada kapal yang ingin merapat di Somalia dalam mengirimkan barang dagangan.

Pemerintah Somalia pun telah melakukan tindakan terhadap para perompak, terbukti dengan penahanan sekitar 500 perompak di penjara di Somalia.

“Solusi paling bagus hanya satu yaitu perkuat Angkatan Laut Somalia dari darat agar dapat melakukan patroli dan memberikan pelatihan penjagaan kepada mereka,” kata Dubes Somalia untuk Indonesia.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS