My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KRI Sura 802, Amankan Dua Kapal Ikan di Laut Jawa

29 November
17:17 2008
KRI Sura 802, Amankan Dua Kapal Ikan di Laut Jawa

Bintang Gerilja – Indosmarin.com

Surabaya – Dua kapal ikan, masing-masing KM Bintang Mas Perintis dan KM Jasa Mina Agung, pada Sabtu (29/11) diamankan oleh KRI Sura-802, di sekitar perairan laut Jawa.

Kedua kapal ikan ini diamankan karena berlayar tidak menggunakan kelengkapan dokumen kapal. Nastata, nahkoda KM Bintang Mas Perintis, dianggap bertanggungjawab karena melayarkan kapal tanpa surat ijin dan menangkap ikan di daerah yang telah ditentukan dalam Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI). Saat diamankan petugas KRI Sura-802, didalam kapal bertonase 65 GT ini ditemukan muatan ikan sedikitnya 15 ton. Selain itu hampir semua anak buah kapal tidak memiliki Buku Pelaut.

Pelanggaran administratif pelayaran juga ditemukan pada KM Jasa Mina Agung yang dinahkodai Ramijan. Dalam kapal berbobot mati 113 GT ini TNI AL menemukan sedikitnya empat ton ikan hasil tangkapan.

Atas temuan pelanggaran ini kedua kapal ikan beserta ABK-nya langsung digiring ke Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makassar, Sulawesi Selatan, untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, KM Bintang Mas Perintis diketahui sedang berlayar dari Pekalongan, Jawa Tengah, sedangkan KM Jasa Mina Agung berlayar dari Juwana, Jawa Tengah. Keduanya sedang berlayar menuju daerah penangkapan ikan di sekitar laut Jawa(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS