My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KRI Boiga-825 Terbakar di Dermaga Ujung Surabaya

26 Juli
06:32 2010
KRI Boiga-825 Terbakar di Dermaga Ujung Surabaya

Surabaya – Kapal patroli TNI AL, KRI Boiga 825, Minggu (25/7) malam, terbakar di Dermaga Ujung, Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Sekitar tujuh unit mobil pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api yang diduga menyambar kapal patroli itu sejak pukul 19.30 WIB, namun PMK Pasar Turi menerima laporan pukul 21.00 WIB.

Sekitar dua jam kemudian, api dapat dipadamkan, namun 50 persen bagian kapal sudah miring tenggelam ke laut yakni bagian buritan dan lambung kiri dari kapal itu, sehingga menyisakan sisi kanan saja.

“Kondisinya 50 persen tenggelam. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun penyebabnya juga belum dapat dipastikan,” ungkap Kasi Pencegahan dan Pengendalian Dinas PMK Surabaya, Ari Bekti Iswanto.

Hingga kini, belum ada konfirmasi resmi dari TNI AL.

Kepala Sub Dinas Penerangan Koarmatim Mayor Kariono ketika dihubungi lewat handphone (HP) hanya terdengar nada sambung, tapi tidak ada jawaban.

Situs resmi TNI AL menyebutkan KRI Boiga-825 adalah salah satu kapal patroli produksi dalam negeri yang dibuat di Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Manokwari milik TNI Angkatan Laut.

Nama Boiga ini adalah nama latin ular yang biasa disebut ular Tiung Cincin atau Boiga dendrophilia dan merupakan salah satu jenis ular ganas yang hidup di kawasan hutan bakau di wilayah kepulauan di Indonesia.

Panjang seluruhnya berukuran 40 meter, panjang garis air 34,50 meter, lebar 7,30 meter dan berbobot 100 Gross Ton (GT), kemampuan tangki bahan bakar 35 ton, kecepatan maksimum 29 knot, kecepatan jelajah 26 knot, endurance 4 hari dan jarak jelajah 2.311 NM.(*)

Tags
Share

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS