My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Antisipasi AIDS, KPA Bali Siapkan Klinik Periksa Sukarela di Pelabuhan

07 Januari
12:29 2009
Antisipasi AIDS, KPA Bali Siapkan Klinik Periksa Sukarela di Pelabuhan

Muliarta – Indosmarin.com

Denpasar – Guna menekan laju penyebaran HIV/AIDS di kalangan masyarakat, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Propinsi Bali menargetkan membangun klinik pengecekan HIV/AIDS secara sukarela atau yang biasa disebut dengan istilah klinik VCT di empat pelabuhan di Bali.

Adapun keempat pelabuhan ini antara lain Pelabuhan Celukan Bawang – Buleleng, Pelabuhan Gilimanuk – Jembrana, Pelabuhan Padang Bay – Karangasem dan Pelabuhan Benoa – Denpasar.

Pengelola Program KPA Propinsi Bali Yahya Anshori ketika ditemui di Denpasar (7/1) menyatakan pembangunan klinik VCT di pelabuhan karena pelabuhan dinilai sebagai tempat yang rawan dalam penyebaran HIV/AIDS. Keputusan ini juga merupakan bagian dari rencana pembangunan klinik VCT hingga tingkat Puskesmas.

“Sesuai dengan populasi penduduk yang beresiko, misalnya disebuah daerah kasusnya terus meningkat, maka dalam taraf kabupaten tidak hanya RSUD saja, tetapi juga Puskesmas yang terdekat itu dimungkinkan dibuka klinik VCT”Papar Yahya Anshori.

Yahya Anshori menyebutkan pada tahun ini KPA Propinsi Bali menargetkan membangun 5 klinik VCT. Sedangkan hingga tahun 2012, KPA Propinsi Bali menargetkan membangun sedikitnya 40 klinik VCT.  Hingga saat ini KPA Propinsi Bali telah berhasil membangun sekitar 13 klinik VCT di 9 rumah sakit umum daerah (RSUD) dan rumah sakit swasta di 9 kabupaten/kota di Bali.

Berdasarkan data KPA propinsi Bali  jumlah kasus HIV/AIDS di Bali hingga tahun ini mencapai 2400 kasus. Padahal Dinas Kesehatan Bali sebelumnya memprediksikan jumlah kasus HIV/AIDS di Bali mencapai 4000 kasus(*)

Tags
Share

2 Komentar

  1. Luigi Pralangga
    Luigi Pralangga Januari 09, 01:47

    HIV/AIDS selain penanggulangan antisipatif yang selama ini dilancarkan oleh banyak Pemda/Pemprov, sebaiknya sama gencarnya dengan tindakan preventif, termasuk itu pendidikan tentang kefahaman HIV/AIDS pada tingkat remasa usia seks-aktif.. saya yakin Pemda Bali sudah sampai kesana mungkin perlu lebih ditingkatkan lagi..

  2. juzt
    juzt Juli 24, 04:44

    Halo____kalo bisa pemeriksaan rumah kerumah agar biar benar benar bisa tau, orang yang menderita hiv, terimakasi

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS