My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Korea Utara Uji Tembak Peluru Kendali Jarak Pendek

08 Juni
08:42 2011
Korea Utara Uji Tembak Peluru Kendali Jarak Pendek

Peluncuran rudal Korut

Seoul – Korea Utara pekan lalu melakukan uji tembak rudal jarak pendek di lepas pantai barat dalam peluncuran pertama senjata sejenis selama 19 bulan terakhir.

“Korea Utara menembakkan rudal KN-06 ke Laut Kuning pada pertengahan terakhir pekan lalu,” kata kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip sumber intelijen, Rabu (8/6).

Sumber itu mengatakan Korut tampaknya telah berusaha untuk meningkatkan jangkauan tembak KN-06 sejak tahun lalu dan peluncuran pekan lalu tampaknya sebagai uji coba. Namun atas uji coba ini kementerian pertahanan Korsel tidak berkomentar.

Surat kabar JoongAng Ilbo juga melaporkan uji coba KN-06 itu, yang memiliki jangkauan 100-110 km. Surat kabar itu mengutip seorang pejabat militer Seoul yang mengatakan bahwa peluncuran tersebut tampaknya telah direncanakan sebelum serangkaian ancaman negara komunis garis keras itu terhadap Korea Selatan pekan lalu.

Peluncuran itu, jika dikonfirmasi, akan menjadi uji coba pertama Korea Utara yang terkenal dengan rudal jarak pendeknya sejak Oktober 2009, ketika melakukan uji tembak lima rudal KN-02 permukaan-ke-permukaan di pantai timur.

Pyongyang di masa lalu sering menjadwalkan peluncuran-peluncuran tersebut untuk mendapatkan dampak politik.

Ketegangan-ketegangan di semenanjung meningkat setelah dua insiden perbatasan tahun lalu yang mematikan, dimana Korea Selatan menyalahkan Korea Utara.

Pada 30 Mei Korea Utara mengumumkan tidak akan lagi berurusan dengan pemerintah konservatif Korea Selatan.

Bahkan pekan lalu militernya mengancam melakukan pembalasan, kecuali jika Seoul menghukum tentaranya yang menggunakan gambar-gambar dinasti yang berkuasa di Pyongyang sebagai target latihan tembak mereka.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS