My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Korban Tewas Ternyata Tidak Miliki Lisensi Menyelam

24 Juni
13:06 2008
Korban Tewas Ternyata Tidak Miliki Lisensi Menyelam

pentingnya buddy saat menyelamBintang Gerilja – indosmarin.com

Amlapura – Kasus tewasnya Made Suyasa yang kehabisan oksigen saat menyelam di Pantai Jemeluk, Karangasem (21/06) lalu mengundang sejumlah pertanyaan. Pasalnya, Made Suyasa ternyata bukanlah seorang penyelam yang memiliki lisensi menyelam. Dugaan sementara tewasnya korban ini, akibat keteledoran sang pelatih atau bisa juga keteledoran operator selam, yang menyewakan peralatan selam kepada korban dan pelatihnya.

Menurut Agus, sumber indosmarin.com yang tidak ingin disebutkan identitasnya aslinya, korban Made Suyasa yang tinggal di Kuta ini, sehari-hari berprofesi sebagai supir kendaraan wisata. Korban sempat belajar menyelam di kolam renang, sehari sebelum peristiwa naas itu merengut nyawanya.

Agus juga menambahkan bahwa keteledoran “sang pelatih” kemungkinan besar disebabkan tidak dilakukannya pengecekan atas jumlah oksigen yang masih tersisa pada tabung yang digunakan korban sebelum melakukan aktivitas penyelaman kedua kalinya. Apalagi menurut Agus, kualifikasi si pelatih sebagai instruktur selam masih harus dipertanyakan, mengingat si pelatih tidak menguasai medan yang dijadikan lokasi penyelaman.

Agus juga menambahkan bahwa dari rumor yang beredar di kalangan para diver di Bali, saat sang pelatih asal Belanda ini naik ke permukaan air, Ia langsung menuju restoran dan makan disana. Warga Belanda keturunan Maluku ini belum menyadari kalau korban Made Suyasa ternyata belum muncul ke permukaan. “Padahal tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelatih selam dan juga buddy korban, haruslah memastikan bahwa korban juga sudah naik ke permukaan dan bukannya malah ditinggal sendiri.” ujar Agus.

Selain itu, disesalkan juga mengapa petugas operator selam tempat persewaan alat-alat selam yang digunakan korban dan pelatihnya tersebut, tidak melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kepemilikan lisensi menyelam, pengetahuan dan kemampuan korban, jika menghadapi saat-saat krisis dibawah air(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS