My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KNTI: Selain Kapal, Nelayan Juga Butuh Kemudahan Mengakses Modal

 Breaking News
02 Oktober
15:22 2015
KNTI: Selain Kapal, Nelayan Juga Butuh Kemudahan Mengakses Modal

Jakarta – Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Riza Damanik menyatakan nelayan nusantara bukan hanya membutuhkan kapal tangkap ikan, namun juga ketersediaan modal usaha dan tata niaga perikanan yang baik.

Kepada AntaraNews via telepon, Jumat, Riza mengatakan jika pemerintah memberi kapal tangkap, maka akan semakin baik jika akses modal usaha untuk biaya operasional melaut juga diberikan sehingga nelayan tidak meminjam uang kepada tengkulak.

“Jika tidak punya modal usaha, nelayan akan dikuasai tengkulak,” ungkap Riza.

Nelayan juga mengharapkan pemerintah mengatur tata niaga perikanan dengan lebih baik dari sekarang sehingga hasil tangkapan memiliki harga jual bersaing yang menyejahterakan nelayan.

“Tata niaga perikanan yang baik akan mewujudkan kepastian harga yang menguntungkan nelayan, Misalnya harga udang yang di luar negeri sedang naik karena dolar AS, tapi di sini kok harganya biasa saja.” kata Riza.

Riza menginginkan nelayan dan pemerintah Indoensia terus meningkatkan kualitas tangkapan dengan cara peningkatan kapasitas hilir seperti cara mendaratkan ikan yang baik, sehat, dan higienis.(AntaraNews.com)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *