My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KM Hasrat-02 Tenggelam Diterjang Gelombang

14 Maret
20:32 2012

Surabaya – Kapal Layar Motor “Hasrat-02” yang tenggelam di Perairan Karang Jamuang, Jatim, Rabu sore, diduga karena diterjang gelombang yang tinggi.

“Kemungkinan karena besarnya gelombang, namun sampai saat ini kami belum bisa memastikan karena korban selamat belum bisa ditanya dan masih syok,” ujar Kepala Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak Chris P Wanda, Rabu (14/3) malam.

KLM “Hasrat-02” berangkat dari Makassar dengan tujuan Juana, Rembang, tetapi ketika melintas di kawasan “buoy 1” Perairan Karang Jamuang, kapal yang ditumpangi tujuh awak tersebut tenggelam.

Satu anak buah kapal ditemukan selamat saat terapung di tengah laut, sedangkan enam anak buah kapal lainnya masih belum diketahui keberadaannya atau hilang.

Chris P. Wanda mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktorat Polair Polda Jatim untuk mengirim Tim SAR dan mencari korban hilang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Polair dan pihak pelabuhan lainnya agar segera menurunkan tim ke lokasi dan berupaya mencari korban. Siapa tahu masih ada awak kapal yang bisa diselamatkan,” kata Chris.

Dia menjelaskan, korban selamat ditemukan terapung oleh kapal tunda “Witton”. Kebetulan, kapal tersebut hendak berlindung ke Tanjung Perak, karena tidak berani mengambil risiko menerjang ombak setinggi lebih dari tiga meter.

Saat perjalanan itulah, awak kapal tunda melihat seseorang terapung. Selanjutnya, korban dibawa menuju Surabaya untuk mendapatkan perawatan.

Pihaknya berharap, Tim SAR bisa menemukan awak kapal yang belum ditemukan. Sampai saat ini, lanjut Chris, Kapal Tunda “Witton” beserta awaknya masih dalam perjalanan ke Surabaya.

“Kami menerima informasi tingginya gelombang di perairan. Semoga mereka dapat segera sampai dan awak kapal yang hilang bisa ditemukan,” papar dia.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS