My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KM Borbara 01 Tenggelam di Perairan Bacan

22 September
14:39 2009
KM Borbara 01 Tenggelam di Perairan Bacan

kapaltenggelam1Ternate – Sebuah perahu motor bernama KM Bobara 01 tenggelam di perairan Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) Selasa (22/9) siang.

Sebanyak 85 penumpang kapal motor tersebut selamat. Kasat Intel Polres Halsel Iptu Rahman Dundu ketika dihubungi melalui telpon dari Ternate, Selasa membenarkan terjadinya musibah tersebut.

“Kami masih melakukan penyelidikan atas peristiwa itu,” kata Rahman.

Kapal motor tersebut, kata dia, tenggelam dalam pelayaran dari Desa Gandasuli Kecamatan Bacan menuju ke objek wisata Pulau Nusa Raa. Kapal itu mengangkut warga yang akan berwisata ke Pulau Nusa Raa.

Menurut Rahman, kapal motor tersebut tenggelam akibat cuaca buruk serta diduga memuat penumpang melebihi kapasitas. Sementara kapasitas penumpang untuk kapal itu adalah 50 orang.

Penumpang kapal motor tersebut diselamatkan oleh kapal nelayan yang melintas di sekitar lokasi musibah. Seluruh penumpang selamat telah dievakuasi ke Balai Desa Gandasuli.

“Kami belum bisa memastikan apakah ada penumpang hilang atau tidak karena  perahu motor itu tidak memiliki daftar penumpang,” kata Rahman.

Pihaknya, kata dia, masih melakukan pendataan serta mencari informasi dari warga soal kemungkinan adanya keluarga mereka yang hilang.

Nakhoda Risman M Saleh sedang  dimintai keterangan terkait dengan musibah itu. Ia mengaku kapalnya tiba-tiba oleng dan tenggelam setelah dihantam gelombang tinggi dan angin kencang.

Wakil Bupati Halsel Rusly A Wally ketika dihubungi juga membenarkan musibah yang menimpa KM Bobara 01 tersebut.

Ia mengatakan, Pemkab Halsel bersama Polres setempat serta instansi terkait lainnya telah turun ke lapangan untuk melihat kondisi para penumpang yang selamat.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS