My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KLH Imbau Pemda Perketat Pengawasan Terhadap Impor Limbah B3

22 Februari
14:10 2010
KLH Imbau Pemda Perketat Pengawasan Terhadap Impor Limbah B3

Nusa Dua – Kementrian Lingkungan hidup merekomendasikan kepada pemerintah daerah agar memperketat pengawasan terhadap kemungkinan terjadinya masuknya limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) dari luar negeri.

Apalagi Indonesia dengan wilayah kepulauan dengan jumlah pulau mencapai 17 ribu sangat rentan menjadi daerah pembuangan limbah B3. Demikian disampaikan Deputi Pengelolaan Limbah B3 Kementrian Lingkungan Hidup Imam Hendargo, saat ditemui Indosmarin.com di Nusa Dua, Bali, Senin (22/2).

Menurut Imam Hendargo, pemerintah daerah harus lebih waspada terhadap pelabuhan-pelabuhan rakyat yang kemungkinan dapat dijadikan pemasukkan limbah B3 ke Indonesia. Apalagi ditengah kekurangan kapasitas sumber daya manusia dan pendanaan untuk melakukan pengawasan pemasukkan limbah B3 dari luar negeri.

“satu kapasitas SDM kita terbatas, kapasitas angkatan laut kita juga terbatas, termasuk pendanaan kita juga yang sangat terbatas” ujar Imam Hendargo.

Imam Hendargo juga menegaskan jika ditemukan adanya upaya memasukkan limbah B3 dari luar negeri maka daerah harus segera mengambil keputusan untuk melakukan pengembalian limbah tersebut ke negara asal.

Imam Hendargo berharap petugas pelabuhan juga mewaspadai pemasukkan limbah elektronik seperti telepon genggam dan komputer bekas dengan kedok impor barang bekas pakai.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS