My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Klenteng Sam Pho Khong Salah Satu Jejak Jalur Sutra (1)

09 Juni
19:31 2008
Klenteng Sam Pho Khong Salah Satu Jejak Jalur Sutra (1)

Hari Suroto-Indosmarin.com
Semarang – Zeng Ho (baca: Cheng Ho) adalah seorang Cina Muslim. Ia dilahirkan pada 1371 di Kabupaten Kun-yang, Propinsi Yunnan. Zeng Ho berasal dari keluarga Ma yang masih termasuk suku Hui. Ayahnya beberapa kali naik haji ke Mekah. Masa kecilnya pahit. Ia ditawan dalam suatu serbuan, dikebiri dan kemudian menjadi sida-sida.
Namun dalam istana Dinasti Ming yang terletak di Peking itu, nasibnya membaik. Ia bersahabat dengan putra mahkota Yan Wang, yang ketika naik tahta sebagai kaisar ketiga bergelar Yung Le. Kaisar inilah yang mengangkat Zheng Ho untuk memimpin ekspedisi laut, ke selatan dan ke barat Tiongkok.
Pilihan pada Zeng Ho seperti ditulis Lu Xun bukan hanya karena Ia memiliki langkah yang tegap bagaikan harimau, tetapi juga beragama muslim dan pakar agama Budha, yang pada masa itu, agama Budha sedang dalam zaman keemasan.
Tujuh pelayaran yang dipimpinnya, mengalami sukses besar tepat enam puluh tahun sebelum Christophorus Colombus menemukan benua Amerika, Zeng Ho berangkat dengan 60 kapal yang membawa anak buah sedikitnya 28.000 orang. Tidak ketinggalan dua sarjana muslim yakni Ma Huan dan Fei Xin pun ikut di dalam tim ekspedisi ini. Dari mereka pula catatan perjalanan Zheng Ho bisa disimak hingga sekarang.
Sejak 1405 hingga 1430 Zheng Ho dengan kapal-kapalnya telah menjelajahi Indocina, Muangthai, Vietnam, Malaysia, Singapura, Belitung, Bintan, Jawa, Madura, Timor, Maluku, Johor, Palembang, Sumatra Utara, Pulau Weh, India, Srilanka, Maladewa, Jeffa Persia, Aden, Hormuz, Mekah, Mogadishu dan Madagaskar.
Adapun ekspedisi ini membentuk suatu “Jalur Sutra” atau jalan perdagangan untuk memasarkan produk Cina sambil membawa hasil bumi dari wilayah yang dikunjungi. Lewat cara ini pula kebudayaan Cina menyebar. Banyak diantara pengikutnya yang kemudian menetap di tempat-tempat itu (bersambung…)

ilustrasi diambil dari: www.answer.com/topic/zheng he

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS