My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KKP Perketat Pengawasan Impor Ikan

14 November
13:05 2012

Kementrian Kelautan dan Perikanan

Batam – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperketat pengawasan ikan impor yang masuk melalui Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (KPBPB).

Penguatan pengawasan ikan impor itu dilakukan dengan penandatanganan kesepakan bersama dengan Badan Pengusahaan KPBPB Batam, di Batam, Rabu (14/11).

“Kerjasama dimaksudkan untuk mengawasi serta mencegah menyebarnya virus atau penyakit pada produk perikanan dan hasil laut lainnya yang akan masuk melalui wilayah KPBPB,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan perikanan Gellwynn Jusuf.

Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Narmoko Prasmadji mengatakan KKP berkerjasama dengan BP Batam memberikan jaminan produk ke luar yang masuk ke KPBPB Batam, baik olahan laut atau pun yang berbasis ikan.

Menurut dia kesepakatan untuk menjembatani kepentingan KKP dan BP Batam dalam menggerakan lokomotif pembangunan ekonomi nasional di FTZ. Dengan kesepakatan itu, diharapkan pelayanan operasional kesyahbandaran bagi kapal perikanan dapat dilaksanakan.

Selain itu, dapat mengembangkan dan meningkatkan produksi budi daya, mengembangkan sarana rantai dingin untuk pengolahan dan pemasaran hasil perikanan serta mengelola sumber daya laut, pesisir dan pulau-pulau kecil.

Kesepakatan antara kementerian dan BP Batam juga ditargetkan dapat mengupayakan pelaksanaan operasional pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Kemudian melaksanakan operasional perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta meningkatkan bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan perikanan.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *