My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KKP: Moratorium Penangkapan Ikan Karang Belum Diperlukan

01 Maret
14:37 2011

Ikan dan terumbu karang

DenpasarKementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menilai Indonesia belum memerlukan adanya kebijakan moratorium atau jeda penangkapan ikan karang.

Walaupun adanya kekhawatiran akan ancaman kelestarian populasi ikan karang akibat penangkapan berlebihan dan penangkapan ikan dengan cara destruktif seperti penggunaan bom dan sianida.

Kepada Indosmarin.com, Sekretaris Jenderal Kementrian Kelautan dan Perikanan, Gellwyn Jusuf, mengatakan moratorium belum perlu dilakukan selama ada pengelolaan secara baik. Apalagi kebijakan moratorium akan berhubungan dengan hajat hidup jutaan nelayan di Indonesia.

”Kita tidak perlu sampai melakukan moratorium dan segala macam. Sebab kalau dikelola dengan baik maka hal ini masih memberikan produksi dan manfaat. Dan sekarang kita sudah buktikan pelan-pelan dengan pengawasan trumbu karang yang baik, saya yakin bisa, tapi kalau seandainya kita tidak bisa menjaga, kemudian para konsumen terus meningkat, bisa-bisa ini nanti masuk dalam Cites,” ujar Gellwyn Jusuf saat ditemui di sela-sela Seminar Internasional Pengelolaan Ikan Karang di Sanur, Bali, Selasa (1/3).

Gellwyn Jusuf menyebutkan yang terpenting saat ini adalah bagaimana mengajak nelayan untuk turut mengembangkan industri perikanan yang berkelanjutan dengan cara menggunaan alat-alat tangkap ramah lingkungan.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS