My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KKP Luncurkan Program Kesejahteraan Nelayan 2012

16 April
02:52 2011

Fadel Muhammad

Mamuju – Kementerian Kelautan dan Perikanan sedang mengemas untuk meluncurkan program peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan yang akan dioptimalkan tahun 2012.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, saat berada di Mamuju, Jumat, mengatakan, program peningkatan kesejahteraan nelayan ini merupakan permintaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono guna meningkatkan kesejahteraan nelayan di Indonesia.

“Jika selama ini saya hanya memikirkan masyarakat Gorontalo, namun kali ini Presiden telah meminta untuk mengemas program percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan,” katanya.

Menurutnya, program peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan akan berjalan pada tahun 2012, namun sejak kini telah dilakukan persiapan untuk melakukan pemetaan masyarakat nelayan yang benar-benar miskin.

“Masyarakat nelayan memiliki perekonomian yang berbeda-beda, namun yang lebih banyak dari sekian masyarakat nelayan rata-rata masih kategori miskin,” ucapnya.

Dia menerangkan, bentuk program peningkatan kesejahteraan akan dikemas melalui pemberian bantuan paket sembako gratis, bantuan rumah nelayan, bantuan alat tangkap, bantuan angkutan kendaraan nelayan.

Ia menjelaskan, pemerintah saat ini melakukan intervensi untuk berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan dan akan dibahas dalam musrembang tingkat regional maupun masuk dalam program nasional.

“Program paket bantuan sembako maupun bantuan rumah nelayan akan berjalan tahun depan karena harus dilakukan pendataan secara akurat karena khawatir ada masyarakat yang layak, tidak mendapat bantuan tersebut,” terangnya.

Setelah dilakukan inventarisasi di Indonesia, kata dia, terungkap bahwa sekitar 10.624 desa yang tinggal di pesisir masih kategori miskin.

“Mereka-mereka ini sebahagian besar masyarakat nelayan tangkap maupun pembudidaya yang ada di Indonesia. Jika tak salah sekitar jutaan lebih keluarga yang masuk kategori miskin yang harus dibantu,” papar dia.

Negara ini kata Menteri, memiliki uang yang besar dan harus diarahkan untuk memberantas kemiskinan di Indonesia dan bukan hanya digunakan untuk membangun hal-hal yang lain.

“Presiden SBY sangat mendukung peningkatan masyarakat nelayan karena Presiden pun merupakan anak nelayan dari daerah Pacitan sehingga beliau tahu betapa sulitnya masyarakat nelayan,” tuturnya.

Menurut Menteri, program peningkatan kesejahteraan nelayan ini akan maksimal hingga tiga tahun setelah program ini digulirkan.

“Kami targetkan, program peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan ini akan tuntas hingga 2014 mendatang,” ucapnya. (Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS