My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KKP Kembali Re-Ekspor 84 Kontainer Ikan di Belawan

18 April
10:20 2011
KKP Kembali Re-Ekspor 84 Kontainer Ikan di Belawan

Kegiatan Re-ekspor Ikan Ilegal di Pelabuhan Belawan Medan

Jakarta – Sebanyak 84 kontainer ikan impor sudah dire-ekspor di Belawan Medan. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad.

Kegiatan re-ekspor ikan disaksikan langsung Sekretaris Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Agus Priyono.

Sebelumnya KKP telah melakukan re-ekspor ikan impor di Belawan, pada 2 April lalu sebanyak 37 kontainer, 6 April sebanyak 11 kontainer, 7 April sebanyak 5 kontainer, 9 April sebanyak 3 kontainer, 11 April sebanyak 2 kontainer, dan sisa terakhir 16 April 2011 sebanyak 26 kontainer.

Ikan impor ilegal ini di re-ekspor kembali ke beberapa negara, yaitu China, Thailand, Malaysia, Vietnam, India, Taiwan, Jepang dan Pakistan.

Kebijakan re-ekspor diambil KKP sebagai tindak lanjut pelaksanaan Permen No.17/2010 tentang Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan yang diimpor ke dalam wilayah RI.

Langkah ini hendaknya menjadi  terapi kejut  bagi para pengusaha yang melakukan impor produk hasil perikanan secara ilegal masuk ke wilayah Republik Indonesia.

Dalam upaya menekan kasus impor ikan ilegal, Fadel meminta kepada seluruh jajaran pengawasan pemerintah, seperti Karantina, Bea Cukai untuk mencegah kasus seperti ini tak terulang.

Ketentuan izin impor perikanan tujuannya untuk pengendalian impor ikan, sebab selama ini muncul indikasi banyak ikan beku yang diimpor untuk tujuan perdagangan dan konsumsi, bukan untuk memenuhi kebutuhan industri pengolahan sehingga mengganggu  mekanisme pasar di dalam negeri.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS