My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kerusakan Terumbu Karang Ancam Habitat Dugong

27 Juni
18:41 2012

Dugong dugong

Manado – Dosen Biologi Laut Politeknik Negeri Manado, Pahlano Daud, mengatakan habitat dugong atau duyung (dugong dugon) yang berada di sepanjang perairan Kalasey Manado hingga sekitar kawasan Taman Nasional Bunaken, Provinsi Sulawesi Utara, terancam keberadaannya akibat kerusakan terumbu karang.

“Kalau terumbu karang yang berada di perairan dangkal yang menjadi habitat mamalia ini rusak, akan mengancam populasinya,” kata Pahlano, di Manado, usai rapat pemantapan panitia di ruang World Ocean Conference (WOC) kantor gubernur, Rabu (27/6).

Ia menambahkan, sangat disayangkan kondisi tutupan terumbu karang yang berada di Manado, serta perairan yang berada di Kabupaten Minahasa dan sekitarnya mulai terdegradasi kualitas.

“Beberapa kali kami melakukan penyelaman di sepanjang perairan Teluk Manado serta Pantai Kalasey, ditemukan kondisi terumbu karang yang sudah rusak parah,” ungkapnya.

Kerusakan ini menurut dia, bisa diakibatkan adanya aktivitas reklamasi, wisatawan yang melakukan pariwisata atau aktivitas penangkapan ikan yang merusak.

“Hanya di spot-spot tertentu yang kondisi terumbu karangnya masih baik. Di Taman Nasional Bunaken kondisinya juga sudah semakin menurun,” katanya.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS