My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kendati Terik Menyengat, Ratusan Siswa di Semarang Rela Antre

 Breaking News
09 Agustus
15:00 2017
Kendati Terik Menyengat, Ratusan Siswa di Semarang Rela Antre

Semarang – Rabu (9/8) siang, terik matahari yang menyengat tidak melunturkan semangat ratusan anak sekolah dari berbagai tingkatan. Mereka rela antre dengan tertib di tangga kapal perang milik Royal Thai Navy (RTN) – Angkatan Laut Kerajaan Thailand yang tengah sandar di Dermaga Samudera 1, Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Sejak pukul 08.00 pagi, para siswa sekolah dan mahasiswa dari beragam kampus serta masyarakat umum berbaur dalam antrean sepanjang lebih kurang 300 meter di depan satu-satunya tangga naik dan turun yang terletak di lambung kiri kapal. Sambil menahan terik, barisan antrean ini menunggu giliran diijinkan naik ke kapal perang.

Di ujung tangga di atas geladak, nampak seorang perwira kapal dan beberapa anak buah kapal yang berseragam putih-putih khas pelaut nampak berjaga. Di lengan kiri mereka, terpasang dengan jelas badge kesatuan mereka yakni korvet HTMS Khirirat PF 432 dan korvet HTMS Sukhothai PF 442.

Dalam amatan Indosmarin.com nampak sesekali diantara para prajurit dan bintara AL Kerajaan Thailand ini dengan ramah secara bergantian menggendong anak-anak kecil yang nampak kesulitan melangkah naik atau pun menuruni tangga kapal. Sebagian besar anak buah kapal perang Thailand ini tidak dapat berbahasa Inggris atau bahasa Indonesia, jika bisa pun, mereka hanya menguasai sepatah dua patah kata saja. Namun sorongan kedua tangan tanda ingin menggendong si anak, adalah bahasa universal yang langsung disambut baik anak-anak kecil ini yang ternyata tidak keberatan digendong tentara asing.

Selama berada di atas kapal, para pengunjung dibebaskan untuk berkeliling geladak dan sudut-sudut luar kapal dari haluan ke buritan dengan tanpa pengawalan. Bahkan diantara pengunjung ada yang naik ke dek atas, tempat dimana senjata jenis meriam Oerlikon 20mm terpasang dengan kokoh di sisi kanan dan kiri kapal.

Puas mengunjungi sudut-sudut korvet buatan American Shipbuilding, Amerika Serikat ini, para pengunjung pun dengan tertib meniti anak tangga kapal dan bergantian turun satu persatu sambil diiringi “terima kasih” dan “selamat siang” yang diucapkan dengan fasih oleh Sub Lieutenant Suteph salah seorang perwira kapal HTMS Khirirat.(Indosmarin.com/Gentry Amalo) 

   

 

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *