My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kendati BBM Naik, Pengusaha Wisata Selam Belum Berani Naikkan Harga

30 Juni
15:25 2008
Kendati BBM Naik, Pengusaha Wisata Selam Belum Berani Naikkan Harga

wisata selam di SanurGentry Amalo – indosmarin.com

Padang Bay – Kendati sudah lebih dari sebulan pemerintah menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), namun ratusan operator selam (dive operator) di Bali masih belum berani menaikkan harga paket wisata menyelam. Kondisi ini terjadi karena para pengusaha wisata bahari, khawatir terjadinya penurunan jumlah wisatawan yang ingin melakukan aktifitas wisata menyelam di Bali.

Jika hal ini terjadi bisa dipastikan pemasukan ataupun keuntungan yang diperoleh akan berkurang, demikian disampaikan Senior Dive Manager Absolute Scuba Bali, Prastiyono, di Padang Bay, Bali (29/06).

Menurut Prass, belum disesuaikannya harga paket wisata menyelam ini lebih dikarenakan harga wisata selam di Indonesia, khususnya untuk pasar Asia masih lebih tinggi dibandingkan dengan negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia. Pasar Asia yang dimaksud Prass, adalah wisatawan asal Cina, Malaysia dan Singapura, termasuk para diver asal Indonesia sendiri.

“Sebelum BBM naik saja, harga menyelam day trip perorangan telah mencapai 95 dollar Amerika, kendati masih merupakan standar minimal, namun harga ini terhitung sangat tinggi. Nah, jika kita ikut-ikutan menaikkan harga, maka para diver Asia ini akan lari ke negara lain,” ujar Prast menjelaskan.

Saat ini tidak sedikit para pengusaha pemilik dive operator yang masih melihat-lihat situasi untuk secara bersama-sama mengambil keputusan menaikan harga. Namun dalam situasi seperti ini, ada pula operator selam yang dengan terpaksa menaikan harga hanya untuk menutup ongkos operasional yang semakin tinggi(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS